10 Malware teratas di Indonesia, Juni 2016 Indonesia tertinggi terserang Win32/Startpage

Dunia maya Indonesia, masih saja dihantui oleh malware yang memang sejak beberapa tahun selalu ada. Seperti Ramnit, Bundpil, Virut dan lainnya.

jul

Dengan tingkat prevalensi sebesar 13.14% sebenarnya hanya beranjak tipis dari bulan Mei lalu yang sebesar 13.17%. Sedangkan komposisi malware dalam daftar 10 besar tidak banyak berubah.

jul1

Yang Baru diBulan Juni
Selama Bulan Juni terjadi dinamika penyebaran malware yang baru, yaitu Win32/Startpage yag bahkan tidak masuk dalam daftar 20 malware teratas di Indonesia Bulan Mei yang lalu. Malware tersebut terdeteksi, bahkan membutuhkan perhatian lebih serius, karena ternyata Indonesia menjadi lokasi penyebaran dengan prevalensi tertinggi didunia.

Apa yang baru di Bulan Juni 2016, berikut ini penjelasannya.

Win32/Startpage
Win32/Startpage termasuk dalam kategori Trojan yang mampu merubah atau menampilkan browser homepage atau website tanpa persetujuan user. File Trojan tersebut pertama kali terdeteksi oleh ESET pada 14 Juli 2009, dan dikompresi nya menggunakan UPX . Selain itu, perilaku yang ditunjukkan Win32/Startpage dimasing-masing komputer terinfeksi StartPage bisa berbeda namun bagaimanapun kehadiran Win32/StartPage harus sangat diwaspadai.

Catatan penting bagi user di Indonesia hingga saat ini, wilayah dengan angka prevalensi tertinggi Win32/StartPage ternyata adalah negara kita tercinta. Yup, Indonesia memiliki prevalensi hingga 4.74% sementara wilayah lain diseluruh dunia rata-rata dibawah 1 %. Hal itu bisa dilihat dari perbedaan warna yang kontras pada peta dibawah ini

jul2
Nampaknya penyebaran StartPage terbilang sangat cepat karena dalam waktu kurang dari sebulan, sudah bertengger di posisi empat, yang berarti prevalensi malware tersebut sangat tinggi, sekali lagi dalam waktu kurang dari sebulan!

Penting untuk diperhatikan juga, mengingat Liburan Hari Raya Idul Fitri sudah didepan mata, maka, langkah-langkah antisipasi dalam pengamanan data saat kita beraktifitas online selama musim liburan adalah sangat perlu. Silahkan kunjungi situs dan media sosial ESET, serta portal keamanan ESET untuk informasi terbaru tentang keamanan online selama liburan.

virusradar.com