Keamanan Dunia Maya Indonesia Mei 2016

Bulan Mei 2016, dunia masih diramaikan dengan munculnya varian-varian baru ransomware. Varian baru bermunculan, dan menginfeksi korban semakin banyak. Namun salah satu tipe ransomware tersebut dipastikan tidak lagi mengkhawatirkan karena kini sudah bisa diperoleh universal private key untuk me-recovery data yang terenkripsi.

Bagaimana secara umum kondisi keamanan dunia maya Indonesia selama Bulan Mei, secara umum tidak jauh berbeda dengan bulan-bulan sebelumnya dimana keamanan dunia maya Indonesia masih didominasi oleh malware lama.

Untuk memperoleh gambaran lebih jelas, simak infografi keamanan cyber Indonesia selama bulan Mei 2016 berikut ini :

Jika diperhatikan pada 10 besar malware tersebut akan terlihat trend penurunan namun belum tentu berarti dunia maya semakin bersih, malware baru, perubahan posisi atau fluktuasi pada prevalence level bisa saja terjadi.

Sedangkan infection rate di Indonesia bulan Mei 13.37% mengalami penurunan tipis dari bulan April 2016 yang berada pada angka 14.6%. Berikut ini adalah infection rate Indonesia Mei 2016.

Cara terbaik dalam menyikapi situasi keamanan dunia maya adalah tetap waspada dan hati-hati manakala beraktifitas secara online. Update rutin dan patch semua aplikasi yang kita gunakan, agar flaws tertutup dengan baik. Backup data secara rutin sangat mambantu saat kita bermasalah system, dan penggunaan solusi keamanan yang terupdate akan menambah tingkat keamanan sistem pada level yang lebih baik.

Tidak sulit untuk melakukan langkah-langkah tersebut, dan yang paling penting adalah lebih baik mencegah dari pada mengobati.

sumber : virus radar