Tips Sehat dan Aman di Jejaring Sosial

Digitalisasi berkembang hampir di semua bidang dan memberikan pengaruh bagi kehidupan, sementara globalisasi internet memiliki peranan vital menjamah semua hal dalam aktivitas manusia, membawa banyak perubahan yang terus berevolusi seiring perkembangan jaman.

Di waktu lalu browsing online berarti menggunakan mesin peramban untuk mencari konten tertentu atau membaca artikel di situs-situs berita favorit. Saat ini, berbicara internet berarti bicara tentang jejaring sosial, video online dan pesan instan, sebagai budaya baru pada masyarakat internet.

Internet tidak lagi sekedar untuk mencari dan membaca artikel atau konten lain tetapi sebagai tempat berinteraksi dan berbagi dengan teman, kenalan dari berbagai daerah. Aktivitas online terasa lebih menyenangkan, semua membaur tanpa pandang bulu, dunia seperti menjadi satu kesatuan. Semua berjalan lancar sampai kita lengah atau melakukan kelalaian yang menyebabkan keamanan online dipertaruhkan.

Kita sering lupa, internet tidak selalu menjadi rumah aman dan nyaman untuk ditinggali, layaknya sebuah kehidupan pasti ada saja aral melintang yang menghadang di jalan, gangguan keamanan dari para begundal dunia maya selalu mengintai setiap saat, mencari jalan untuk menyusup masuk dan mengambil keuntungan. Mereka tidak akan pernah berhenti, berbagai cara mereka lakukan untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Menghadapi mereka perlu kesiapan dan pengetahuan memadai, selain kewaspadaan tinggi, konsistensi dalam setiap tindakan harus terus dipertahankan, dan untuk menciptakan lingkungan internet yang aman, ESET akan memberikan beberapa tips bagaimana cara online yang aman:

Amankan Perangkat, Update Seluruh Software

Untuk menjaga sistem operasi, semua software terutama browser dan semua aplikasi wajib diperbarui dengan update terbaru secara rutin agar tidak dimanfaatkan penjahat siber untuk masuk melalui kerentanan yang muncul. Gunakan solusi keamanan komprehensif pada setiap perangkat yang Anda miliki.

Password Kuat

Penggunaan password kuat merupakan salah satu langkah pengamanan terdepan, bukan hanya untuk di jejaring sosial saja tetapi untuk segala hal di setiap aktivitas dunia maya. Syarat utama lain adalah jangan menggunakan password secar berulang untuk akun yang berbeda, ini tidak bisa ditawar lagi, karena satu kesalahan akan berimbas pada seluruh keamanan akun secara keseluruhan.

Ketika membuat password, pastikan untuk menggunakan karakter huruf besar dan kecil, sertakan simbol dan angka untuk semakin membuat kuat password. Jika Anda kesulitan mengingat semua password untuk setiap akun yang dimiliki, Anda dapat menggunakan password manager atau passphrase.

Periksa Pengaturan Privasi

Prioritas utama setiap kali membuat akun baru, pastikan untuk selalu memeriksa pengaturan privasi Anda, pahami setiap detil dalam pengaturan, bagaimana postingan Anda dapat dilihat oleh siapa. Amankan juga privasi foto, file dan catatan agar hanya bisa dilihat oleh orang-orang yang Anda kenali.

Jika Anda menambahkan informasi pribadi dalam profile di jejaring sosial, tetapkan dalam pengaturan bahwa hanya Anda seorang yang bisa mengakses atau melihatnya, sehingga tidak ada peluang bagi orang lain apalagi hacker untuk memanfaatkannya untuk mengambil alih akun Anda.

Jangan Mudah Percaya

Dunia maya penuh dengan tipu daya yang menyesatkan, jangan mudah cepat percaya pada orang yang baru dikenal, atau bahkan pada teman dekat sendiri dalam hal keamanan privasi data pribadi Anda. Jangan pernah berbagi data privasi kepada siapa pun, kerahasiaan data Anda biarkan diri Anda sendiri yang mengetahui. Karena apabila Anda mempercayai orang yang salah, maka segala hal penting yang tersimpan dalam akun Anda akan terpapar di internet tanpa bisa diambil kembali.

Skeptis itu Perlu

Salah satu rahasia umum di dunia maya “kadangkala apa yang dilihat tidak seperti kenyataannya.” Apabila seseorang menawarkan mobil baru, komputer atau smartphone dengan harga yang sangat murah kemudian untuk membelinya Anda harus memasukkan informasi pribadi Anda, seperti tempat dan tanggal lahir, atau nomor identitas, maka ini hampir pasti sebuah jebakan, untuk memastikan kebenarannya, coba lakukan verifikasi terhadap setiap benda yang ditawarkan, gunakan mesin peramban Anda untuk mencari tahu.

Bahaya Orang Asing

Foto profil dengan tampilan menawan dengan wajah tampan atau cantik digunakan oleh penjahat siber untuk memperdayai korban, mereka biasanya mengirim pesan via messenger berbicara dengan akrab dan ramah disertai dengan link berbahaya untuk menjebak Anda.

Alam maya memberi kemudahan bagi siapa saja untuk memanipulasi jati diri membuat karakter baru, sebuah kamuflase sebagai alat untuk melakukan penipuan atau jebakan. Untuk terhindar dari kejahatan semacam ini, batasi orang yang dapat menghubungi Anda, Tolak setiap permintaan pertemanan dari orang yang tidak Anda kenal sama sekali, orang-orang yang tidak pernah berinteraksi sama sekali dengan Anda.

Sumber berita:
http://www.welivesecurity.com