5 Pelajaran Siber Penting dari PSBB

Pembatasan Skala Berskala Besar mungkin dapat dikatakan sebagai proyeksi lebih rendah dari lockdown, versi yang lebih longgar yang memungkinkan aktivitas meski masih dalam batasan tertentu. Terlebih lagi setelah memasuki masa New Normal dengan protokol yang ditetapkan oleh pemerintah, dunia usaha kembali menggeliat lagi sementara dunia pendidikan masih stagnan bertahan dengan belajar di rumah.

Selama masa PSBB maupun New Normal telah memberikan sejumlah pelajaran penting. Kita telah beradaptasi dengan kerja jarak jauh, sekolah jarak jauh, konferensi jarak jauh, bahkan happy hour jarak jauh! dan terus belajar sepanjang jalan. Berikut lima pelajaran ESET semasa PSBB.

  1. Alat yang membuat pekerjaan lebih mudah

Bekerja dari rumah, seperti memasak, berkebun, atau melakukan pekerjaan rumah lainnya menunjukkan kepada kita bahwa memiliki alat yang tepat untuk menyelesaikan pekerjaan yang ada adalah kunci keberhasilan.

Ini juga berlaku untuk keamanan dunia maya, terutama ketika menyangkut menjaga anak-anak tetap aman saat online. Dengan meningkatnya jangkauan konten yang tersedia di internet, melacak ancaman baru bisa menjadi hal yang sulit di atas pemantauan penggunaan teknologi anak-anak selama penguncian.

Memiliki perangkat lunak keamanan siber yang dapat dipercaya dan andal yang diinstal pada perangkat mereka dapat membantu meringankan beban dan membuat pekerjaan orang tua jauh lebih mudah, seperti ESET Parental Control misalnya.

  1. Password manager

Cukup mudah untuk mengelola kata sandi unik untuk berbagai akun saat komputer Anda telah menyimpan semuanya. Tetapi pindah ke kerja jarak jauh bagi banyak orang sama artinya dengan mengubah perangkat dan kehilangan kata sandi yang disimpan.

Password manager dapat menyelesaikan masalah ini karena membantu pengguna menjaga keamanan kata sandi yang kompleks dan unik dan tersedia untuk digunakan pada perangkat apa pun, bahkan saat waktu online meningkat.

  1. Waktu daring

PSBB telah meluncurkan sejumlah sumber daya online lama dan baru yang dapat menghibur dan memperkaya. Konten dari lembaga-lembaga pendidikan membuka banyak peluang baru untuk anak-anak dan orang dewasa.

PSBB dan New Normal membuat waktu daring menjadi lebih banyak. Tetapi dengan kemungkinan-kemungkinan baru ini muncul peningkatan ancaman phising, bahaya yang dapat kita mitigasi dengan memastikan untuk mencari sumber daya melalui situs tepercaya dan tautan yang dapat diverifikasi.

  1. Perangkat pribadi juga membutuhkan keamanan

Banyak dari kita mulai bekerja dari rumah tanpa peringatan dan tanpa sumber daya yang biasa digunakan. Ini berarti bekerja semua pekerja dari rumah bekerja dengan perangkat pribadi daripada perangkat perusahaan, yang seringkali tidak terlindungi dengan baik.

Banyak dari mereka menggunakan perangkat seluler pribadi untuk bekerja, jadi lebih penting daripada sebelumnya untuk mengamankannya dengan benar. Menginstal perangkat lunak pelindung seperti ESET Mobile Security dan mempraktikkan kebersihan cyber yang baik sangat membantu agar tetap aman di perangkat pribadi kita.

  1. Kita semua bersama-sama

Banyak hal yang telah kita lakukan selama beberapa bulan terakhir telah mengakar dalam kebersamaan. Ketika kita semua terlibat dan melakukan bagian kita, hasilnya bisa luar biasa dan cybersecurity tidak berbeda. Hal-hal kecil yang ESET lakukan membantu membuat semua orang lebih aman dan memungkinkan kita semua untuk lebih menikmati internet.

Jika kita dapat mengingat pelajaran-pelajaran ini ketika pandemi ini berakhir, ke depan kehidupan kita baik di dunia nyata dan dunia maya akan jauh lebih baik dari sebelumnya, membuat kita lebih bijaksana dalam menyikapi hidup dan menjalaninya.