BELANJA ONLINE AMAN SAAT LIBURAN

Tahun 2011 segera berakhir, menyambut kebutuhan liburan akhir tahun, belanja secara online diperkirakan akan mengalami peningkatan. Promo akhir tahun menjadi hal utama yang menarik minat.
Selain produk yang diinginkan terdapat di web, konsumen juga bisa melakukan transaksi dengan pilihan pembayaran yang beragam.

Belanja online sangat erat hubungannya dengan keamanan komputer saat bertransaksi di internet, karena selalu ada celah yang bisa dimanfaatkan oleh penjahat di dunia maya. Masalah bisa ada dimana saja, terkadang disebabkan bug di komputer, buruknya layanan konsumen yang diberikan oleh toko online, atau penipuan oleh scammer, karena momen belanja akhir tahun diikuti pula dengan para scammers yang bermunculan dan membajak transaksi sehingga barang belanjaan yang Anda beli melayang ke pelaku scam, sementara tagihannya tetap Anda yang menanggung.

Berikut tips yang diberikan para peneliti malware di ESET Lab untuk menghindar dari jebakan scam agar para online shopper dapat tetap berburu barang dengan harga miring namun tetap nyaman, dan aman. Tips di bawah ini tidak hanya berlaku di akhir tahun, tetapi sangat relevan sepanjang tahun.  

  1. Waspadai tawaran-tawaran harga yang sangat murah: Tawaran sangat murah biasanya diberikan untuk barang-barang yang sedang trend. Jika tawarannya tidak masuk akal, demi keamanan Anda abaikan saja tawaran tersebut, karena biasanya menyimpan resiko keamanan. Tidak semua promo menipu, namun bijaklah dalam memilih terutama dengan mempertimbangkan risiko dibalik janji manis yang ada.
  2.   

    Pastikan transaksi hanya di link web yang aman: Saat melakukan transaksi dan pemesanan barang di website, pastikan website tersebut menggunakan SSL (Secure Sockets Layer), yang menjadi standard untuk keamanan transaksi. Perhatikan tanda ‘https‘ (lihat gambar dibawah) atau “shttp’di depan alamat web dan bukan ‘http’ saat Anda masuk pada proses transaksi. Pastikan terlihat simbol kunci atau gembok pada browser window. 

  3. Waspadai tawaran-tawaran harga yang sangat murah: Tawaran sangat murah biasanya diberikan untuk barang-barang yang sedang trend. Jika tawarannya tidak masuk akal, demi keamanan Anda abaikan saja tawaran tersebut, karena biasanya menyimpan resiko keamanan. Tidak semua promo menipu, namun bijaklah dalam memilih terutama dengan mempertimbangkan risiko dibalik janji manis yang ada. 
  4. Pikir dahulu sebelum bertindak: Waspadai tawaran yang datang lewat e-mail untuk pembelian segera, terutama jika e-mail tersebut e-mail yang tidak dikehendaki atau seakan-akan dikirim oleh kawan Anda di situs jejaring sosial. Untuk menengarainya, bisa dilihat dari penggunaan bahasa Inggris ataupun bahasa lain yang cenderung acak-acakan, atau bisa juga isnya terlalu umum atau tidak jelas. Jika menurut Anda tawaran tersebut masuk akal, sebelum Anda melakukan pembelian, search dulu di google agar lebih meyakinkan Anda bahwa web tersebut bukanlah web palsu yang dibuat untuk melakukan kejahatan. Jika Anda memakai ESET Smart Security, Anda akan terhindar dari email-email sampah berisi penawaran yang mencurigakan karena selain berisi antivirus, sistem proteksi ESET Smat Security dilengkap dengan antispam.
  5.  

  6. Jangan berbelanja online di hotspot yang bocor:Jika Anda perlu berbelanja di tempat ber-WiFi, di ruang publik, pastikan komputer  Anda  terlindungi dengan optimum. ESET Smart Security 5 akan memberikan notifikasi saat Anda berada di jalur hotspot. Pastikan Anda memilih “Strict protection” karena Anda pasti tidak ingin ada orang yang menyambar data personal Anda saat Anda mengisi data tersebut dari laptop (atau smartphone, maupun tablet).
  7. Gunakan Kartu Kredit: Banyak penjual, baik di mall maupun online, akan lebih memilih kartu debit ketimbang kartu kredit karena biaya transaksi lebih murah. Tetapi untuk belanja pada saat momen tertentu seperti liburan, tetapkan untuk menggunakan kartu kredit karena lebih aman.
  8. Permintaan informasi detil:Beberapa malware ada yang bisa menambahkan pertanyaan di form isian yang Anda gunakan saat berbelanja online, sehingga jika pada website belanja Anda temukan terlalu banyak pertanyaan yang tidak berhubungan dengan pembelian Anda, seperti meminta nomor jaminan sosial, ID, hanya untuk melengkapi pemesanan bunga misalnya, maka segera hentikan transaksi lalu lakukan scanning anti malware.
  9. Jangan berharap mendapat uang hanya dengan menjawab pertanyaan: Ada beberapa website resmi yang melakukan survey-survey lewat internet seperti survey kepuasan konsumen dan layanan. Biasanya muncul dalam bentuk pop-up. Banyak diantaranya yang menjanjikan hadiah uang maupun kupon belanja meskipun hanya untuk menjawab pertanyaan sederhana. Jika menemui hal tersebut, abaikan saja, dan tutup pop-up tersebut dan jangan pernah memberikan data pribadi Anda.
  10. Tetap waspada meskipun di hari libur: Saat memasuki tahun baru, biasanya aktivitas akan berkurang, dan masyarakat cenderung tidak mau disibukkan dengan dokumen bank statements maupun credit card statements yang datang secara reguler baik melalui e-mail maupun surat. Masyarakat juga cederung merasa tidak terlalu banyak melakukan pengeluaran. Tetapi jika Anda terkena scam, maka dokumen tersebut bisa menjadi data awal, oleh sebab itu jangan abaikan credit card statement.

Pesan khusus sehubungan dengan akan meningkatnya transaksi online menjelang liburan disampaikan oleh Marketing Director PT Prosperita-ESET Indonesia, Chrissie Maryanto, “Transaksi internet merupakan sasaran empuk bagi penjahat internet. Mengantisipasi hal ini, proteksi komputer yang ringan dan optimum sangat diperlukan dan kami merekomendasikan ESET Smart Security 5 karena fiturnya dilengkapi dengan Antispyware untuk proteksi dari penjahat yang mengintip data kita saat bertransaksi, Antispam untuk membebaskan kita dari email spamming yang mengganggu dan firewall untuk keamanan beraktivitas di internet. Out of Home Network akan mengingatkan kita untuk meningkatkan proteksi saat terkoneksi di jalur hotspot sehingga kita tetap aman berinternet di wilayah publik. Saat ini untuk mempermudah masyarakat, kami juga sudah menyediakan fasilitas pembelian produk ESET secara online di www.tokoeset.com atau via Reseller Online di www.eset.co.id. Pastikan jika Anda membeli ESET secara online hanya memakai dua fasilitas ini.”Demikian beberapa tips penting dalam berbelanja secara online di internet untuk membantu Anda tetap aman dalam bertransaksi.