Email Penyusup Meningkat Vimanamail Hadirkan Teknologi Filter Email Berlapis

Kita hidup di dunia yang membuat kita sangat rentan secara daring terhadap predator maya, yang setiap hari berusaha mencuri identitas, nomor rekening, dan berbagai bentuk informasi identifikasi pribadi sensitif lainnya. Berbagai trik digunakan, terutama melalui email yang langsung mengincar kerentanan sistem paling lemah yaitu Manusia.

Menurut studi Verizon 2020 dalam Data Breach Investigation Report ditemukan fakta bahwa 96% serangan phising berasal dari email. Sementara 3% lainnya melalui website jebakan dan 1% via ponsel. Data tersebut bila diterjemahkan menunjukkan betapa email menjadi senjata favorit bagi penjahat dunia maya dalam melakukan serangan siber.

Di tengah ancaman phising email yang eskalasinya bergerak dengan cepat, menuntut perusahaan harus bergerak dengan cepat mengikuti perkembangan keamanan untuk melindungi diri mereka sendiri, klien mereka, dan informasi identitas pribadi yang sensitif dari karyawan mereka. Tanggung jawab ini dapat dipikul dengan teknologi Cloud Email Security. Layanan ini dapat diperoleh melalui Vimanamail, yang dibangun secara khusus dan spesifik untuk menangkal email-email penyusup berbahaya.

Spesialisasi Vimanamail

Vimanamail dapat dikatakan sebagai teknologi yang berspesialisasi dalam keamanan email atau cloud email security. Vimanamail menggunakan berbagai jenis filter berlapis dalam melaksanakan tugasnya menyaring setiap email yang masuk.

Dengan arsitektur berbasis cloud, ini berarti proses penyaringan lalu lintas email melalui platform cloud sehingga tidak membebani kinerja sistem atau perangkat perusahaan.

Menggunakan arsitektur berbasis cloud juga menyederhanakan penerapan dan pengelolaan, tanpa perangkat keras yang harus dibeli untuk diinstal atau pemeliharaannya, sehingga membantu perusahaan dalam menghemat biaya dan ikut membantu meningkatkan produktivitas pekerja.

Teknologi filter Vimana

Karyawan di era globalisasi menghadapi tantangan yang sangat berat, mereka tidak hanya disibukkan dengan pekerjaan mereka tetapi juga harus bergelut dengan berbagai masalah, terutama masalah siber.

Serangan siber melalui email menjadi momok nomor satu bagi karyawan di seluruh dunia, satu kelalaian saja menangani email sama artinya bobolnya sistem perusahaan. Beban berat ini harus diangkat dari pundak para karyawan dengan menyediakan teknologi komprehensif yang menyaring email jauh sebelum masuk ke sistem, sebelum sampai di inbok mereka.

Berbicara kemampuan Vimanamail, teknologi ini berfungsi layaknya cloud firewall untuk komunikasi email, memberlakukan seperangkat aturan yang berkaitan dengan sistem email perusahaan. Menganalisis email untuk mengetahui berbahaya atau tidak, jika menganggap email yang diperiksa bersih maka akan diteruskan ke server pengguna. Jika menyakini email sebagai spam atau mengandung ancaman, email langsung dikarantina.

Untuk sampai kesimpulan suatu email berbahaya atau tidak, email yang masuk ke dalam sistem Vimanamail akan mengalami proses filter dalam beberapa tahap atau lapisan untuk menjamin email yang disaring bersih dari ancaman, berikut filter pada Vimana:

Vimanamail berfungsi sebagai kumpulan berbagai teknologi yang bekerja sama untuk memblokir ancaman email. Menggunakan beberapa mesin pemindaian untuk melawan email spam dan malware, yang terintegrasi satu sama lain untuk melakukan pemindaian real time pada email yang masuk secara bertahap.

    •  

Vimanamail menggabungkan metode penyaringan RBL atau Real-Time Black List yaitu mekanisme yang berisi daftar hitam alamat IP yang biasa digunakan oleh spammer

    •  

DNSBL (Domain Name System Black List), atau daftar hitam DNS yaitu daftar pemblokiran spam yang memungkinkan untuk memblokir pesan dari sistem tertentu yang memiliki riwayat pengiriman spam,

    •  

Kombinasi RBL dan DNSBL menghasilkan bandwidth yang bersih dari email-email sampah sehingga menjaga reputasi traffic perusahaan.

    •  

Konten filter, Vimana memindai konten dan lampiran .pdf, .exe, .js, dan banyak lagi. Email dengan lampiran ini akan dipindai dengan opsi untuk dikarantina atau dibuang.

    •  

Daftar Putih/Daftar Hitam, untuk menghindari konfigurasi yang salah atau tidak tepat pada server email yang dibuat oleh pengirim email, Vimanamail memberi kebebasan untuk menerapkan domain atau email daftar putih/daftar hitam. Domain juga dapat dikelola oleh banyak admin dengan peran berbeda.

    •  

Email yang masuk juga dipindai dan dideteksi menggunakan antivirus, antimalware dan antispam untuk melengkapi proses pemfilteran yang lain.

Sementara dari sisi kompatibilitas, server kompatibel dengan server cloud mail populer seperti: GSuite, Office365, MS Exchange Online atau dengan server email premis: Zimbra, Postfix, Qmail, MS Exchange, Axigen, dan beberapa lainnya.

Dari sisi transparansi sesuai dengan etika bisnis keamanan, Vimanamail tidak menyimpan email yang sah. Dan lebih fokus pada spam, phising, virus, dan malwares lainnya di email dan menyajikan laporan yang akurat di dasbor Anda. Sementara laporan web dapat dilakukan kapan pun dan dimana pun yang dapat diakses dengan mudah melalui konsol web, dengan format yang mudah dibaca.