ESET AKUSISI PENGEMBANG ANTISPAM

ESET AKUSISI Pengembang antispam

energi baru bagi teknologi antivirus masa depan

Jakarta, 20 September 2010 – ESET, penyedia layanan global untuk solusi keamanan komputer yang dikenal melalui produknya, yaitu ESET Antivirus NOD32 dan ESET Smart Security mengumumkan langkahnya mengakusisi Comdom Software, sebuah perusahaan software developer yang bermarkas di Kosice, Slovakia.

Comdom adalah perusahaan yang mengembangkan software antispam – Comdom antispam, sekaligus merupakan anak perusahaan dari ProWeb Consulting yang juga bermarkas di Kosice, Slovakia. Akuisisi tersebut merupakan salah satu langkah strategis yang dilakukan untuk memperkuat posisi ESET di tengah maraknya persaingan di industri cyber technology sebagai pengembang security software.

Meningkatnya ancaman keamanan di dunia maya yang signifikan memaksa ESET untuk perlu memberi perhatian lebih pada pengembangan teknologi yang progresif. Selain virus, ancaman lain yang mengkhawatikan belakangan ini adalah gencarnya serangan spam ke komputer user, manakala user sedang berinternet. Gejala tersebut akan sangat mengganggu keamanan dan kenyamanan berinternet dan kehadiran antispam yang tangguh menjadi andalan para users untuk pengaman.

Antispam itu sendiri adalah program untuk mengamankan dari pesan yang tidak diinginkan atau pesan sampah. Program tersebut diperlukan terutama bagi pengguna email karena spam datang ke inbox mereka secara bertubi-tubi dengan pesan yang tidak mereka kehendaki. Spam muncul dalam berbagai bentuk dengan pesan yang beragam, mulai dari junk mail biasa, junk mail dengan link yang mengandung virus, link situs porno, spam mesin pencari informasi web, spam blog, dan lain-lain, yang mengakibatkan ketidaknyamanan pengguna internet.

ESET Smart Security adalah produk andalan ESET yang komprehensif karena terdiri dari Antivirus, Antispyware, Antispam, dan Personal Firewall. Dengan adanya software keamanan komputer yang lengkap dalam bentuk antivirus yang dilengkapi dengan antispam yang handal, pemakai ESETSmart Security akan terhindar dari masalah virus dan spam yang datang bertubi-tubi.

Terkait dengan langkah strategis yang ditempuh oleh ESET Headquarter, Yudhi Kukuh, Technical Consultant dari PT. Prosperita-ESET Indonesia mengatakan “Strategi akuisisi terhadap Comdom Software akan memperkuat ESET melalui produk ESET Smart Security, baik dari sisi teknologi maupun persaingan dengan vendor lain. Pengembangan teknologi ke depan merupakan komitmen ESET untuk memberikan kenyamanan dan keamanan dalam berinternet”

Dengan melakukan langkah akuisisi ini, ESET akan mampu meningkatkan kemampuannya untuk mengembangkan teknologi yang lebih maju lagi di bidang solusi keamanan. Hal tersebut disampaikan juga oleh CEO ESET, Miroslav Trnka, “ESET adalah perusahaan yang berorientasi pada riset dan pengembangan, dengan merger ini, riset dan pengembangan akan semakin kuat karena Comdom adalah perusahaan yang maju dibidang solusi antispam. Dikombinasikan dengan sebuah team yang berkekuatan para programer ahli dan peneliti handal, maka dalam beberapa waktu ke depan, kami akan segera memperkenalkan penelitian baru kami, demikian pula peluang-peluang baru dalam pengembangan perangkat lunak untuk keamanan internet.“

Merger dengan Comdom Software adalah merupakan akuisisi kedua yang dilakukan oleh ESET sejak 2008 yaitu setelah ESET mengakusisi perusahaan Setrnet yang bermarkas di Tanvald, Czech Republic, Langkah strategis tersebut memampukan ESET yang kemudian merambah ke bidang information security services.

Dengan adanya akusisi ini, pemakai internet di Indonesia bisa semakin menikmati teknologi ESET yang semakin canggih dalam deteksi spam melalui produk ESET Smart Security yang tersedia dalam Home Edition (stand alone computer) dan Business Edition (komputer terkoneksi ke server).