ESET NOD32 Antivirus Business Edition untuk Mac OS X. Antivirus Pertama dengan Sertifikasi dari ICSA Labs


ESET kembali membuktikan komitmennya untuk menghadirkan aplikasi keamanan yang handal. Komitmen proteksi yang semakin meluas tidak hanya pada komputer dengan platform tertentu saja, pengembangan teknologi ESET bahkan semakin dikuatkan dengan pengakuan dari lembaga independen terhadap kualitas dan sekaligus menjadi kabar baik bagi pengguna Mac Operating System. Kini ESET NOD32 Antivirus Business Edition untuk Mac OS X telah diakui performa kualitasnya oleh lembaga penguji independen ICSA Lab, yang adalah divisi independen dari Verizon Business yang berbasis di Pennsylvania, Amerika. Pengakuan tersebut dinyatakan dalam bentuk penganugerahan sertifikasi bagi ESET NOD32 Antivirus Business Edition untuk digunakan di komputer yang berbasis Mac Operating System. Pemberian penghargaan oleh ICSA Labs tersebut, diumumkan pada event Macworld 2011 yang juga menjadikan ESET NOD 32 sebagai antivirus pertama yang menerima sertifikasi Mac dari ICSA Labs.

“Ancaman penyebaran malware dalam berbagai bentuknya dalam periode beberapa tahun belakangan ini menjadi momok yang sangat dihindari oleh para IT manajer di manapun di seluruh dunia. Demikian pula upaya mengamankan jaringan yang terdiri dari beberapa sistem operasi yang berbeda yang terkoneksi dalam jaringan yang sama. Kondisi demikian perlu mendapatkan perhatian dengan ketersediaan perangkat keamanan yang handal untuk jaringan dengan environment tersebut. “Kondisi demikian merupakan titik rawan dengan ancamannya tersendiri,” demikian disampaikan oleh Andrew Hayter, Program Manajer Anti-Malcode ICSA Labs. “Itulah yang melatar belakangi ICSA Labs dalam menawarkan sertifikasi untuk perangkat antivirus yang diperuntukkan bagi sistem operasi Mac, di mana perangkat tersebut harus mampu mengimplementasikan sistem proteksi tingkat tinggi bagi user kedua sistem operasi tersebut” tambahnya.

Dengan system proteksi dan keamanan yang canggih, sangat ringan dan berkemampuan deteksi proaktif, ESET NOD32 Antivirus Business Edition untuk Mac OS X mampu menampilkan kinerja proteksi dari serangan secara secara real time. Dengan demikian ESET NOD32 Antivirus telah mampu menyediakan varian produk keamanan dan sistem proteksi anti malware lebih lengkap yaitu untuk komputer berbasis Mac, Windows and Linux platforms.

Untuk mendapatkan sertifikasi dari ICSA Labs, sebuah perangkat antivirus harus memiliki kemampuan sesuai kriteria, baik yang dikeluarkan oleh Mac maupun ICSA Lab. Dalam proses pengujian yang sangat ketat, ESET NOD32 Antivirus Business Edition untuk Mac OS X harus berhasil melindungi komputer baik dari infeksi virus yang ada dalam daftar in-the-wild, maupun dari virus yang berasal dari komputer lain. Selama pengujian tersebut, sebuah produk juga diharuskan mampu mendemonstrasikan kemampuan dalam memproteksi komputer secara individual, laptop, dan/atau server baik untuk home computer maupun komputer jaringan. Proteksi tersebut terutama untuk pencegahan infeksi virus yang modusnya mereplikasi diri.

Produk anti-virus yang menerima sertifikasi dari ICSA Labs’ juga harus mampu menampilkan serangkaian kinerja: deteksi virus on demand, mendeteksi dan mencegah replikasi virus on access; tanpa -zero- false positives; dan mampu mengunci semua anti virus yang berhasil dideteksi. Untuk tetap bisa memberikan gambaran untuk memberikan sertifikasi atas produk keamanan yang berkualitas, ICSA Labs secara terus menerus akan melakukan pengujian dan menguji ulang produk-produk yang mampu memenuhi kriteria yang ditetapkan. Produk-produk yang sudah diluncurkan maupun yang telah di upgrade untuk produk-produk yang telah disertifikasi sebelumnya akan tetap diverifikasi lagi untuk memastikan kesesuaian dengan kriteria yang dipersyaratkan oleh ICSA Labs.

“Keberhasilan mendapatkan sertifikasi perangkat keamanan untuk Mac dari ICSA Lab merupakan pengakuan yang penting atas kualitas, kemampuan proteksi yang tinggi yang dimiliki ESET untuk memproteksi komputer berbasis Mac” tutur Dan Clark, vice president of marketing, ESET Amerika Utara. “ESET berkomitmen kuat untuk menghadirkan sistem proteksi terbaik terhadap malware baik untuk kebutuhan bisnis (jaringan) maupun pengguna individual dengan menyajikan perangkat lunak untuk keamanan dengan sistem deteksi yang agresif dan proaktif.”

Untuk pasar Indonesia sendiri, ESET mulai banyak dilirik pengguna Mac. “Sifat licensenya yang unilicense atau running di OS Windows, Linux, dan Mac menjadikan ESET Antivirus NOD32 Business Edition pilihan yang memudahkan bagi tim IT karena mereka bisa melakukan monitoring terpusat hanya lewat saru Remote Admin saja,” demikian Yudhi Kukuh, technical Consultant PT Prosperita-ESET Indonesia menjelaskan mengapa ESET menjadi pilihan bagi banyak perusahaan di Indonesia.