ESET NOD32 Antivirus For Linux


“Linux merupakan Sistem Operasi yang kebal virus”, begitulah kebanyakan paradigma tentang sistem operasi yang mulai di lirik oleh banyak orang. Linux yang merupakan sistem operasi opensource ini, memang sudah banyak digunakan oleh orang. Selain sebagian besar distro linux tersebut gratis untuk diperoleh, linux juga menjanjikan tingkat keamanan yang lebih dari sistem operasi pesaingnya saat ini. Tapi banyak yang tidak tahu, bahwa malware dan virus juga ada yang berjalan di sistem operasi ini. Seperti yang dikutip pada artikel ini di akhir tahun 2009, bahwa salah satu situs yang cukup terkenal dalam dunia linux desktop ditemukan adanya backdoor. Malware yang menggunakan screensaver sebagai penyamarannya juga dilaporkan menyerang pada akhir tahun 2009.

“Tidak ada yang sempurna” mungkin itulah kata yang tepat pada saat ini. Virus linux yang beredar memang tidak sebanyak pesaingnya, namun jika ada kelalaian pengguna, bisa jadi linux yang sering di cap aman akan virus dapat menjadi ancaman serius. Kita bisa saja mengklaim bahwa laptop kita yang menggunakan linux bebas virus, tapi apa kita menjamin bahwa file yang di bawa teman kita menggunakan media flashdisk atau CD-Rom bebas virus. Misalnya, anda copy file dokumen yang bervirus dari komputer teman. Setelah itu anda membuka document tersebut dan ternyata tidak bisa terbuka, karena dokumen tersebut sudah terinjeksi virus. Kemudian anda beranggapan bahwa dokumen tersebut corrupt saat proses pemindahan dan mencoba copy file itu kembali dari teman anda, yang ternyata membuahkan hasil sama seperti sebelumnya. Padahal jika ada antivirus yang terinstall file dokumen tersebut bisa langsung bisa di heal, sehingga langsung dapat digunakan. ESET sendiri sudah mengeluarkan versi teranyar untuk sistem operasi ini. ESET NOD32 Antivirus for linux bukan hanya dapat mendeteksi virus yang beredar pada sistem operasi linux saja, tetapi dapat juga mendeteksi virus yang ada pada sistem operasi lain.

ESET yang terkenal ringan di sistem operasi windows, juga sangat ringan di linux. Anda tidak perlu takut sistem terbebani ketika menggunakan ESET. Semua fitur yang ada di ESET untuk sistem operasi windows pun dapat di jumpai di versi linux. Tampilan yang memudahkan pengguna linux menambah keunggulan antivirus ini. Installasi yang sangat mudah, karena tidak membutuhkan dependensi yang perlu didownload lagi. Cukup dengan klik 2x seperti halnya menginstall program di sistem operasi windows, anda sudah dapat menggunakan ESET.

Jika anda ingin mencoba ESET NOD32 Antivirus ini, dapat langsung mendownload file installasi nya di ESET secara trial, atau menghubungi kami di http://www.eset.co.id untuk pembelian.