ESET RILIS ESET MOBILE SECURITY untuk ANDROID SMARTPHONE (Release Candidate)

Hari ini ESET secara resmi mengumumkan, ESET Mobile Security untuk Android sebagai versi Release Candidate.

Salah satu produk terakhir antivirs dari ESET memberikan failitas proteksi terhadap tiga operating systems yang banyak digunakan pada smartphone yaitu Symbian, Windows Mobile and Android. Adapun versi Release Candidate adalah satu tahapan terakhir sebelum sebuah produk secara resmi diluncurkan ke publik. Saat ini, versi Release Candidate sudah bisa didownload untuk trial, di website www.eset.com.

Dari penelitian yang dilakukan oleh Gartner, tingkat penjualan smartphone dunia akan mengalami peningkatan dan mencapais angka 468 juta unit, hingga akhir tahun 2011, “Android akan menjad perangkat yang paling populer di dunia, dengan menguasai 49 persen pasar smartphone hingga akhir 2012.” Menurut data tersebut juga untuk prediksi tahun 2011, ESET Mobile Security akan menguasai lebih dari 60 persen units yang beredar di pasaran.

“Android dalam waktu cepat akan merebut posisi sebagai pemimpin pasar karena angka peningkatan user diperoleh juga dari user smartphone yang beralih ke operating system Android. Popularitasnya dikalangan user, seriring dengan kerentanan OS tersebut terhadap cyber-criminals,” demikian disampaikan oleh Miroslav Majtaz, Mobile Security Product Manager di ESET. “ESET Mobile Security untuk Android, memasuki tahap sebagai Release Candidate dengan membawa serangkaian fitur hasil pengembangan terbaru yang akan menambah portofolio dari produk-produk versi BETA,” tambahnya.

Fitur EMS untuk Android, hasil pengembangan yang pada RC Version.

Trusted friend – Trusted friend adalah fitur yang mampu me-reset password milik user, jika suatu ketika user lupa, Trusted Friend juga memberikan SMS peringatan segera setelah ada SIM card yang tidak dikenal dimasukan kedalam smartphone.
Improved Antispam – Fasilitas keamanan tambahan untuk memblok panggilan telepon “Calling Line Identification Restriction (CLIR)“.

Sekalipun anda tidak pernah kehilangan smartphone, aplikasi-aplikasi yang bisa didownload masih menjadi ancaman, karena bisa dengan mudah masuk ke perangkat smartphone lalu menyebarkan informasi berharga yang tersimpan di dalam smartphone tersebut. Hal ini perlu diwaspadai karena tidak semua aplikasi tersebut memberikan informasi sesuai dengan fungsinya. Beberapa waktu belakangan ini banyak beredar SMS Trojan horse yang menyamar sebagai media player, dan memulai infiltrasinya dari jaringan komnikasi di Rusia. Sekali saja terinstall, maka dengan segera aplikasi tersebut akan menyebarluaskan pesan teks dari perangkat smartphone milik anda ke nomor-nomor premium numbers, akibatnya, anda akan menanggung biaya tagihan telepon yang membengkak.

Pengaman-pengaman untuk mencegah pihak lain untuk mengakses seperti password-yang melindungi smartphone, dan setting auto-lock, tidak membutuhkan aplikasi tambahan apapun, karena kedua fitur tersebut dapat disetting didalam system yaitu pada menu Location & Security.

Fitur-fitur penting yang terdapat dalam ESET Mobile Security untuk Android versi Release Candidate

Unique behaviour-based detection ̶ Memberikan peringatan tentang semua aktifitas mencurigakan yang tertuju ke smartphone anda. Semua aplikasi, files, folders dan SD cards akan discann secara berkala untuk mencegah masuknya segala bentuk threat yang baru muncul.

SMS/MMS Antispam ̶ Memungkinkan user untuk memisahkan kontak-kontak yang bisa dipercaya via customizable black – atau whitelist atau hanya dengan mem-block pesan-pesan dari nomor yang tidak dikenal.

Call Interceptor ̶ Mem-blok panggilan-panggilan yang tidak diinginkan baik masuk maupun panggilan keluar, fitur tersebut akan sangat bermanfaat terutama bagi para orang tua untuk bisa memantau tagihan telepon jika perangkat smartphone dipegang oleh anak.

Security Audit dengan Built-in Task Manager yang memberikan informasi tentang fungsi-fungsi penting dari perangkat komunikasi, termasuk usia penggunaan battery, free disk space, running processes, Bluetooth, dan device visibility.

Fresh, New User Interface grafis dan lay out yang dibuat sesuai kebutuhan agar memudahan untuk mengeksplorasi OS android pada smartphone.

Anti-Theft Security System ̶ System keamanan berlapis yang memungkinkan user untuk melakukan pengawasan terhadap data yang disimpan didalam smartphone – jika perangkat smartphone hilang atau dicuri.

SIM Matching – dengan fitur ini user bisa membuat daftar SIM card yang boleh masuk ke Android device, sehingga dapat menghindari penyalahgunaan dengan SIM yang tidak semestinya.

GPS Localization ̶ melokalisir posisi telepon yang hilang atau dicuri dengan perintah yang diberikan secara remote

Remote Lock ̶ Memblok panggilan telepon secara remote untuk mencegah incoming call yang tidak dikenal dan berusaha mangakses data telepon.

Remote Wipe ̶ Menghapus semua nomor telepon yang tidak penting secara remote hanya melalui perintah yang dikirim lewat SMS.

Uninstall Protection ̶ Mengamankan smartphone dari perintah untuk melakukan un-install Mobile Security dari pihak yang tak dikenal .

Sementara itu Yudhi Kukuh, Technical Director PT. Prosperita – ESET Indonesia menyampaikan “Dengan pertumbuhan perekonomian dan pasar yang cukup pesat, Indonesia memiliki potensi menjadi wilayah pemasaran produk smartphone, sementara dari sisi keamanan juga menjadi sasaran empuk peredaran threat pada mobile communication device” terkait dengan masalah keamanan Android Yudhi Kukuh menambahkan “Karena perkembangan teknologi internet belakangan ini memiliki korelasi dengan keamanan inilah yang kemudian menjadi titik tolak pengembangan produk solusi keamanan untuk perangkat komunikasi mobile, terutama yang berbasis Android”