Hati-hati Bermain Minecraft Modpack Palsu Berkeliaran

Hobi bermain games sudah mendarah daging bagi kebayakan orang, games juga tidak mengenal batas usia, dari usia muda sampai tua suka dan memiliki games kesukaannya masing-masing. Kali ini ESET akan membahas tentang games yang menjadi batu loncatan.

Belum lama ini, penjahat digital mampu melewati Google Protection untuk toko resmi Play Android dan menerbitkan lebih dari 20 modpack palsu untuk game populer Minecraft. Modpack adalah kumpulan mod yang telah ditentukan sebelumnya (paket buatan pengguna akhir yang mengubah perilaku game) untuk video game.

Aplikasinya hanyalah cangkang kosong yang dirancang untuk memikat anak-anak dan remaja yang ingin mengubah permainan mereka. Mereka tidak mengirimkan malware apa pun tetapi setelah diinstal, mereka membuat penggunaan normal telepon hampir tidak mungkin.

Batu loncatan iklan

Setelah dipasang, modpacks palsu mulai menampilkan iklan layar penuh secara agresif. Setidaknya dalam satu kasus, sampel akan membuka jendela browser dengan iklan setiap dua menit.

Bergantung pada perintah yang diterima dari server, aplikasi juga dapat membuka Google Play, Facebook, atau memutar video YouTube, memasukkan lebih banyak uang ke kantong operator dengan setiap tampilan.

Para penipu mencoba untuk menjaga operasi mereka di bawah radar dengan menerbitkan aplikasi di bawah nama pengembang yang berbeda dan berusaha meningkatkan peringkat mereka dengan menggunakan bot yang meninggalkan ulasan bintang atas.

Namun, ketika pengguna nyata mulai menginstalnya, ulasan satu bintang mulai berdatangan karena aplikasinya tidak melakukan apa pun. Sulit untuk menyebut perbedaan ini sebagai sesuatu yang mencurigakan.

Hapus secara permanen

Diketahui bahwa ketika menutup salah satu dari modpacks Minecraft palsu ini menyebabkan ikonnya menghilang dari layar ponsel. Banyak pengguna mengeluhkan perilaku ini dalam ulasan mereka.

Tidak menyadari penipuan dan percaya bahwa aplikasi tersebut menghapus dirinya sendiri dari perangkat, beberapa pengguna meminta pengembang untuk memperbaikinya. Namun apa yang terjadi kemudian, mereka hanya terus disajikan iklan penipuan.

Karena modpack tampak bermasalah sejak awal, sebagian besar pengguna, terutama anak-anak dan remaja, tidak akan membuang waktu untuk mencarinya. Mereka bahkan mungkin melupakannya dan tidak repot-repot mencoba menghapusnya.

Cara yang tepat untuk menyingkirkan aplikasi berbahaya adalah dengan menghapusnya dari menu Aplikasi di bawah Pengaturan perangkat. Untungnya, modpacks palsu ini tidak terlalu canggih dan tidak mencoba memulihkan dirinya sendiri.

Aplikasi penipuan tidak lagi ada di Google Play tetapi ini tidak menghentikannya untuk menayangkan iklan di perangkat yang masih memilikinya.

Pemain Minecraft harus berhati-hati dalam menginstal paket modifikasi untuk game dari toko tidak resmi, meskipun paket tersebut secara luas dianggap aman, tapi siapa yang bisa menjamin keamanan dari toko-toko aplikasi unofficial yang rentan secara keamanan.

Di bawah ini adalah lima terakhir yang dihapus Google dari toko Android resmi, yang masih ada di pasar Android lainnya:

    • Zone Modding Minecraft
    • Tekstur untuk Minecraft ACPE
    • Diunggulkan untuk Minecraft ACPE
    • Modifikasi untuk Minecraft ACPE
    • Mod Darcy Minecraft