Jangan Asal Buang atau Jual Perangkat Lama, Cermati Tips Berikut

Bukan hal yang aneh atau berlebihan lagi apabila banyak orang sering gonta-ganti perangkat teknologinya. PC, laptop atau paling sering smartphone setiap kali muncul keluaran terbaru, orang berbondong-bondong membeli, ada sebagian karena ikut tren, ada yang karena tidak ingin tertinggal oleh teknologi terbaru. Tapi apa jadinya dengan perangkat lama yang tidak dipakai?

Beberapa dari kita menyimpan perangkat lama sebagai cadangan jika ada yang tidak beres. Di sisi lain, mayoritas suka berbagi keriangan liburan dengan menghadiahkan perangkat lama mereka atau menjualnya. Apa pun pilihannya, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan sebelum perangkat tersebut diserahkan ke orang lain dengan aman.

Jika Anda lebih tertarik menyaksikan tips berikut melalui video, silakan tonton video di bawah, tapi bagi yang suka membaca tinggal gulir ke bawah untuk membaca tips-tipsnya.

Tips general

Satu-satunya aturan yang harus selalu Anda patuhi adalah mencadangkan data sesering mungkin. Biasanya, jika itu melibatkan ponsel cerdas, Anda bisa mencadangkan data ke cloud atau komputer. Jika ini melibatkan komputer, dapat menggunakan kombinasi cloud dan drive eksternal. Mana yang lebih cocok tinggal pilih sesuai dengan keinginan, tetapi pastikan untuk selalu melakukannya sehingga Anda tidak akan kehilangan data sensitif yang mungkin dibutuhkan di masa depan.

Komputer

Sebagian besar pengguna komputer berpikir bahwa memformat hard drive mereka berarti mereka telah menghapus data dari drive, pemahaman yang sejujurnya tidak benar. Data masih dapat dipulihkan dari drive meskipun telah diformat sekalipun. Menghapus drive di komputer berbeda dari sistem operasi ke sistem operasi.

Jika Anda memiliki Mac, prosesnya cukup sederhana dan mudah. Dapat dilakukan dengan menggunakan fitur Disk Utility bawaan untuk menghapus drive Anda; bahkan memungkinkan Anda untuk menentukan seberapa menyeluruh Anda ingin menghapusnya.

Jika menggunakan Windows, tidak ada penghapus disk internal, tetapi ada berbagai opsi yang dapat digunakan. Cara yang sederhana dengan menelusuri web untuk mendapatkan tool yang tepat dan terbaik untuk memenuhi kebutuhan Anda, tetapi versi gratis beberapa hanya dapat bekerja dengan hard drive mekanis.

Untuk solid-state drive (SSD), maka ESET sarankan merujuk ke situs web produsen untuk utilitas drive mereka. Jika ingin membersihkan hard drive di luar opsi di atas, maka ada opsi lain, yaitu menghancurkan drive secara fisik. Jika Anda merasa nyaman dan berpengalaman dalam cara kerja drive, Anda dapat menghancurkan komponen yang seharusnya sendiri.

Pilihan lainnya adalah mengunjungi layanan spesialis yang memiliki mesin, seperti shredder atau penghancur untuk memusnahkan disk Anda. Peringatan!, tidak semua komputer memiliki drive yang mudah dilepas. Mac, misalnya, memiliki SSD yang disolder ke motherboard mereka.

Smartphone

Smartphone memiliki utilitas mereka sendiri yang diimplementasikan dalam sistem untuk membuat proses seramping mungkin. Jika Anda ingin menyingkirkan iPhone lama, pertama-tama keluarlah dari semua layanan seperti iTunes, iCloud, App Store, dan lain-lain. Kemudian buka Setting/Pengaturan, masuk ke menu Reset/Atur Ulang, dan ketuk pada Erase All Content and Settings/Hapus Semua Konten dan Pengaturan.

Jika Anda berencana untuk memberikan atau menjual perangkat Android, prosesnya mungkin sedikit berbeda dari manufactur to manufactur, tetapi prosedurnya harus sama. Mulailah dengan menghapus langkah-langkah keamanan seperti layar Kunci, kemudian beralih ke menghapus akun yang Anda masuki. Untuk melakukan lebih jauh, enkripsi semua data di ponsel dan setelah itu selesai jalankan Factory Data Reset di ponsel Anda. Jika Anda menggunakan kartu SD, jangan lupa untuk mengeluarkannya.

Daur ulang

Bertanggung jawab terhadap lingkungan. Jika Anda berencana membuang perangkat, jangan dibuang begitu saja. Cari tempat yang mendaur ulang perangkat elektronik bekas. Mereka mengandung sumber daya berharga yang dapat digunakan dalam pembuatan perangkat masa depan. Jika tidak yakin bagaimana cara melakukannya, coba periksa beberapa situs web produsen atau pemerintah harus memiliki jalan keluar lain untuk masalah ini.

Jika Anda tidak berencana menyerahkan perangkat yang masih berfungsi ke kerabat atau teman, pertimbangkan untuk menyumbangkannya. Sampah satu orang adalah harta orang lain dan lagipula, ini adalah bulan penuh kegembiraan, jadi mengapa tidak berbagi keceriaan pada mereka yang kurang beruntung.