JEPANG PILIH ESET untuk AMANKAN KOMPUTERNYA

 

Kita mengenal Jepang sebagai negara dengan capaian teknologi tinggi dan masyarakat teknologi di Jepang sangat kritis dengan perangkat yang digunakan, tidak mengherankan jika masyarakat Jepang sendiri menuntut standard kualitas tinggi terhadap perangkat tersebut. Untuk proteksi data dan jaringan komputer, perangkat lunak antivirus menjadi komponen penting pada perangkat komputer adalah keharusan. Permasalahannya kemudian adalah dari sekian banyak vendor antivirus, brand mana yang yang memiliki kinerja terbaik sesuai dengan kebutuhan masyarakat Jepang yang sangat technology-minded.

Sebuah lembaga riset internasional, ASCII General Research Institute (bagian dari ASCII Media Works) yang bermarkas di Shinju-ku, Jepang melaksanakan sebuah riset untuk mengetahuinya. Riset tersebut dilaksanakan dalam periode kwartal pertama 2012. Diawali dengan keprihatinan karena maraknya serangan virus melanda hot spot bagi teknologi internet dunia termasuk Jepang dan kebutuhan masyarakat terhadap antivirus yang handal. Dari Riset yang sebagian respondennya adalah pembaca majalah teknologi yaitu Majalah Mingguan Shukan ASCII, ASCii Dot PC, Mac People, dan ASCXII.jp, ASCII General Research Monitor Group, dan komunitas lainnya pehobi utak-atik komputer. Hasilnya diperoleh ESET menempati posisi puncak pilihan pengguna diatas brand pesaing. Total 11 kategori dimenangkan dari 12 kategori, dengan poin keseluruhan 91.00. Berdasarkan hasil riset tersebut disimpulkan ESET adalah brand pilihan bagi pengguna komputer yang gemar mengutak-atik seting komputer

Beberapa kategori penting hasil dari riset tersebut dapat kita lihat sbb:

Tingkat kepuasan konsumen Jepang pada fitur software antivirus berbayar – diambil lima brand utama yang beredar di pasar antivirus Jepang, ESET unggul perolehan poin 90.4. Selisih lebih dari 20 poin dengan peringkat dibawahnya. Penilaian pada kategori ini adalah pada Responsiveness, Start-up times, kinerja scan.

Kinerja dalam mengamankan, indikator kategori tersebut terbilang sulit bagi pengguna dalam membedakan, tetapi ASCII menemukan ESET juga unggul pada kategori tersebut.

Support, ESET terbukti memiliki daya dukung lebih memadai ketimbang brand lain dalam menjaga tingkat kepuasan pengguna. ESET dengan perolehan 78.9, selisih 15 poin diatas peringkat kedua.

Secara kumulatif, perolehan poin ESET adalah seperti tercantum pada tabel berikut:

 

Hasil yang diperoleh berdasarkan data yang muncul dari riset tersebut tentu, saja membanggakan, karena produk ESET diakui, dan pengguna ESET merasa puas dengan produk yang diadopsi tersebut.

Terkait dengan kesimpulan riset yang didapat dari riset ASCII tersebut, Chief Sales and Marketing Officer ESET, Ignacio Sbampato menyatakan “Pasar Jepang terkenal sangat menuntut kualitas teknologi, layanan, dan teknikal support. Kami di ESET sangat bangga dengan capaian kedua ini. Capaian ini tak lepas dari kerja keras team ESET secara keseluruhan”

Sementara itu Chrissie Maryanto, Marketing Director PT Prosperita-ESET Indonesia, menyampaikan “Jepang, negara dengan kemajuan ekonomi dan teknologi, sudah pasti memiliki requirement tinggi terhadap produk apapun yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Khusus untuk pasar korporat di Indonesia, kami melihat sudah banyak para pelaku IT yang bersentuhan dengan security mencari ESET. Mereka adalah pelaku IT yang tidak ingin dipusingkan oleh masalah deteksi, update, komputer yang menjadi lamban karena antivirus yang dipakai berat, dan after sales service. Dari sisi produk positioning ESET sangat meyakinkan karena dikenal sebagai antivirus yang ringan dan deteksi tajam dengan centralized update dan centralized management. Sedangkan After Sales Service semua kami lakukan 100% di Indonesia dan semua berbahasa Indonesia, mulai website www.eset.co.id, trouble shooting mandiri 24/7 kb.eset.co.id, sarana informasi terkini blog.eset.co.id, dan lain-lain. Customer ESET tidak perlu menelepon ke negara lain untuk melakukan trouble shooting atau sekedar konsultasi untuk optimalisasi kebutuhan security mereka. Hal ini terjadi juga dengan pasar retail yang menunjukan peningkatan yang sangat tajam. Mudah-mudahkan dengan meningkatkan kualitas teknologi masyarakat Indonesia, ESET akan menjadi brand pilihan teratas seperti di Jepang.”