Kacau!! Akses Masuk Jaringan Perusahan Diperjualbelikan Murah

Jaringan perusahaan seperti sebuah peta harta karun rahasia. Kemampuan untuk mendapatkan akses ke sana sama dengan mendapatkan jalan menuju gudang harta karun. Sistem file adalah tambang emas bagi peretas, dan mereka akan dengan mudah mengeksploitasinya.

Bukan hanya informasi pribadi yang berharga bagi penjahat siber, tetapi juga kemampuan untuk menemukan dokumen dan laporan yang dapat dijual kembali, atau memberikan wawasan dan informasi yang berharga memiliki nilai tersendiri.

Mendapatkan akses ke jaringan perusahaan membutuhkan kerja keras dan pengaruh yang signifikan untuk menembus pertahanan.

Alternatif yang lebih mudah adalah dengan membayar akses ke jaringan yang sudah dilanggar di dark web. Di sana ada perdagangan bebas dimana perantara dan pialang menjual akses ke jaringan yang mereka akses dengan imbalan uang.

Menurut studi Criminal Market for Initial Access, 45% akses jaringan perusahaan yang tersedia untuk dijual di dark web berharga kurang dari $1.000.

Potensi mempengaruhi harga

Seperti semua sistem ekonomi, pasar akses di dark web telah berevolusi. Sama seperti produk baru, ketika langka dan padat karya, membutuhkan lebih banyak uang untuk memperolehnya. Sementara dulu akses ke jaringan perusahaan jauh lebih mahal dari sekarang.

Namun, karena semakin banyak jaringan yang bocor, dan alat untuk mengotomatisasi brute force ke jaringan tersebut menjadi lebih murah dan lebih umum, harganya pun turun.

Saat ini di dark web harga akses jaringan yang ditawarkan berkisar $1.000 dan $2.499, dengan untuk akses bernilai tinggi dihargai antara $2.500 dan $5.000. Tentu saja harga ini sangat murah mengingat potensi yang ditawarkan dari akses tersebut.

Biaya untuk membeli jalan Anda ke jaringan perusahaan tergantung pada sejumlah faktor. Peretas melihat jumlah pekerjaan yang terlibat, apakah ada sejumlah besar komputer yang akan diekspos? Apakah akun yang mereka gunakan untuk mendapatkan akses ke jaringan memiliki semua hak istimewa?

Hal iItu bahkan sebelum mempertimbangkan sesuatu seperti ukuran bisnis, potensi pendapatannya, dan indikator keuangan lainnya. Industri tempat bisnis beroperasi juga berdampak pada harga di dark web.

Uang pangkal semuanya

Akses dengan harga rendah biasanya dijual oleh peretas yang tidak berpengalaman atau mereka yang baru jadi peretas, yang mungkin bahkan tidak menindaklanjuti serangan itu.

Meskipun demikian, meningkatnya persentase akses murah berarti banyak penjahat siber baru yang kurang terampil akan memasuki pasar, dan mereka berpotensi menjadi lebih berbahaya di masa depan.

Yang paling populer berikutnya adalah industri manufaktur, di mana terdapat potensi dokumentasi dalam jumlah besar tentang rahasia industri yang dapat dijual.

Dengan mendapatkan akses ke bisnis manufaktur, penjahat dunia maya dapat mencuri informasi pribadi dan dapat sangat mengganggu operasi normal. Proses yang terganggu berdampak negatif pada produksi, yang akan menyebabkan hilangnya pendapatan selama berminggu-minggu mendatang.