MALWARE MSIL/PSW.FakeSkype.A, TROJAN YANG DOYAN SKYPE

 

Malware yang satu ini menjadikan skype sebagai sasaran untuk dicuri informasinya. MSIL/PSW.FakeSkype.A bukanlah satu-satunya yang menarget Skype, tetapi ini adalah varian baru , dan akan terus melahirkan varian yang lebih baru lagi, terutama setelah varian A ini sudah mampu dideteksi. Malware berkategori Trojan ini besarnya hanya 129024 B atau sekitar 120an Kb jadi tidak terasa berat dan membebani.

Pertama dideteksi oleh ESET Threat Sense pada  February 14, 2012, jadi ESET User tidak perlu khawatir tentang malware ini.


Trojan MSIL/PSW.FakeSkype.A seperti pada umumnya Trojan, ia masuk, lalu menginfeksi, menginstall aplikasi yang dibutuhkan untuk operasinya, lalu beraksi. Apa yang dilakukan? Mencuri. Ya, mencuri data atau informasi yang dimiliki user.  Biasanya Trojan Trojan MSIL/PSW.FakeSkype.A adalah merupakan bagian dari malware lain, jadi bukan malware tunggal.

Trojan tersebut mengambil informasi yang berhubungan dengan layanan Skype. Informasi yang dicari adalah yang berkaitan dengan :

  • login user names for certain applications/services
  • login passwords for certain applications/services

Karena sasarannya terkait dengan Skype, maka trojan tersebut beraksi jika aplikasi Skype, dan
Microsoft .NET Framework dijalankan.