Mencegah Anak-anak Mengunduh Sembarang

Anak-anak pada umumnya begitu lugu dan polos, mereka tidak banyak berpikir atau berpikir dengan cara yang sederhana daripada orang dewasa. Itu sebabnya mereka serngkali menjadi sasaran mudah bagi para penjahat digital.

Di dunia digital banyak hal dipromosikan, ditawarkan dengan gratis atau cuma-cuma, jangankan anak-anak bahkan orang dewasa pun akan sangat tergoda dengan segala sesuatu yang diembel-embeli kata gratis.

Bedanya anak tidak kritis layaknya orang dewasa yang masih punya kecurigaan dan kewaspadaan terhadap bahaya. Pada bagian lemah ini sering menjadi korban karena ketidaktahuan dan kepolosannya, mereka tanpa sengaja terinfeksi adware, spyware atau malware jahat lainnya, yang sering dirancang untuk tidak diketahui selama mungkin.

Konsekuensi dari infeksi semacam itu dapat berkisar dari iklan dan popup yang sangat menganggu, melalui detail pribadi yang dicuri, hingga kehilangan akses ke semua data penting mereka. Ini tidak hanya berlaku untuk komputer pribadi dan laptop, tetapi juga untuk perangkat seluler, karena aplikasi jahat terus menyelinap ke toko aplikasi resmi.

Jadi bagaimana cara terbaik untuk mencegah hal ini terjadi, mencegah anak agar tidak dengan mudah mengnduh segala sesuatu yang di dalamnya bisa saja dibundel dengan banyak hal berbahaya.

  1. Pastikan sistem operasi seluruh perangkat ditambal/update dan gunakan solusi keamanan internet yang andal. Perangkat seluler yang menjalankan Android dapat dilindungi oleh solusi keamanan seluler yang memiliki reputasi baik. ESET Mobile Security akan secara otomatis menjalankan pemindaian pada setiap file yang diunduh dan memblokir semua item berbahaya, sehingga menjaga perangkat tetap aman.

  2. Ketika anak-anak ingin mengunduh program baru, arahkan mereka ke situs web pengembang asli perangkat lunak atau ke toko online resmi. Dengan tetap berpegang pada sumber resmi, tidak perlu khawatir tentang mengunduh secara tidak sengaja tambahan apa pun yang mungkin bersembunyi di balik layar.

  3. Ajari anak-anak berpikir sebelum mengklik tautan dan tombol unduh, karena banyak yang hal bisa terjadi, yang mengarah ke penipuan atau situs web jahat langsung.

  4. Jika sesuatu tampaknya too good to be true, kemungkinan besar itu benar. Dan harus menjadi perhatian utama setiap kali ingin mengunduh. Contoh yang baik adalah aplikasi pihak ketiga yang mengklaim menawarkan fungsi tambahan yang menarik untuk game atau layanan online yang ada, lantas malah menampilkan iklan, atau lebih buruk lagi, menginfeksi perangkat dengan malware.

  5. Menggunakan aplikasi Parental Control yang memiliki reputasi baik akan membantu mengawasi kebiasaan mengunduh anak-anak dan memungkinkan orangtua memblokir konten yang berpotensi bermasalah. Aplikasi ESET Parental Control juga dapat menghemat sejumlah besar uang yang mungkin dihabiskan jika anak secara tidak sengaja melakukan pembelian online.

Pentingnya komunikasi yang baik

Ada banyak hal untuk dibicarakan, tetapi kita tidak boleh lupa bagaimana cara kita berbicara. Mengadopsi pendekatan non-konfrontatif dengan anak-anak adalah ide atau cara yang paling tepat. Banyak orang mengunduh konten dari internet sehingga mungkin seseorang yang Anda kenal memiliki pengalaman negatif. Anda dapat memberi tahu anak-anak tentang hal ini tetapi membingkainya dengan cara yang positif.

Adalah tugas orangtua untuk membimbing anak-anak melewati masa muda mereka yang rentan dan penuh tantangan, bukan hanya di dunia nyata tetapi juga di dunia maya. Kedua dunia memiliki bahayanya sendiri dan cara mengatasinya sendiri. Tugas orangtua ada di sisi anak-anak mereka, membantunya menghadapi semua.