Mengenal Berbagai Jenis Hacker

Seorang hacker adalah individu yang menggunakan komputer, jaringan atau keterampilan lain untuk mengatasi masalah teknis. Istilah ini juga dapat merujuk pada siapa saja yang menggunakan kemampuan mereka untuk mendapatkan akses tidak sah ke sistem atau jaringan untuk melakukan kejahatan.

Seorang peretas dapat, misalnya, mencuri informasi untuk menyakiti orang melalui pencurian identitas atau meruntuhkan sistem dan seringkali menyanderanya untuk mengumpulkan uang tebusan.

Seorang hacker adalah seseorang yang sangat ahli dalam Cyber Security, Computer Systems dan Networks. Dengan kata lain, hacker adalah Master of Computer World. Dengan keahlian seperti itu, seorang peretas dapat melakukan banyak hal di berbagai jaringan dan computer.

Istilah hacker secara historis kadang digunakan sebagai istilah kekaguman bagi individu yang menunjukkan tingkat keterampilan dan kreativitas yang tinggi dalam pendekatan mereka terhadap masalah teknis. Namun, istilah ini juga biasa diterapkan pada individu yang menggunakan keterampilan ini untuk tujuan ilegal atau tidak etis.

Hacker pertama kali digunakan pada 1960-an untuk menggambarkan seorang programmer atau individu yang di era kemampuan komputer yang sangat terbatas, dapat meningkatkan efisiensi kode komputer dengan cara menghapus atau meretas, instruksi kode mesin berlebih dari sebuah program. Ini telah berkembang selama bertahun-tahun untuk merujuk pada seseorang dengan pemahaman lanjutan tentang komputer, jaringan, pemrograman, atau perangkat keras.

Aktivitas seorang peretas bisa jadi bermanfaat atau berbahaya. Jika seorang peretas mencoba mencuri data pribadi, uang, dsb. Maka hacker-hacker seperti ini adalah tipe hacker berbahaya dengan kegiatan illegal dan buruk.

Namun, jika hacker menggunakan kemampuannya utuk mengamankan sistem atau pun menyelamatkan dari serangan hacker lain, maka ini merupakan tindakan baik dan legal. Bagaimana pun setiap orang membutuhkan orang baik macam yang terakhir ini di jaringan dan organisasinya.

Jadi apa saja jenis-jenis hacker? Mana yang berbahaya dan mana yang tidak?berikut ESET telah merangkum jenis-jenis hacker, apa tujuan, motivasi dan prilakunya. Umumnya, Hacker dibagi menjadi tiga, bergantung pada berbahaya tidaknya aktivitas mereka. Pembagian utama ini adalah:

    1. Black Hat Hackers
    2. White Hat Hackers
    3. Grey Hat Hackers

Pembagian utama ini memiliki beberapa sub bagian di dalamnya. Yakni sebagai begrikut:

1. Black Hat   

Classic Black Hat Hacker

adalah jenis Hacker yang paling berbahaya. Motivasi utama mereka adalah menggunakan pengetahuan mereka untuk mendapatkan data pribadi yang penting, mencuri uang dari rekening bank dll.

Peretas jenis ini dapat membuat virus, malware dan program berbahaya lainnya dan dengan program ini, mereka mendeteksi kerentanan sistem. Setelah memasuki sistem, mereka dapat mempelajari data bisnis, pribadi, atau keuangan pribadi yang penting. Menurut pengetahuan ini, mereka dapat menjangkau banyak jaringan pribadi, banyak komputer. Mereka dapat menghancurkan sistem dan memanipulasi perilaku sistem komputer.

Pikirkan tentang hal ini, jika seorang peretas mengakses rekening bank Anda, ia dapat mentransfer semua Uang ke rekeningnya. Atau, jika ia mendapatkan akses ke sistem pemerintah, ia dapat mempelajari banyak informasi penting dan menggunakan informasi ini.

Sebagai rangkuman, Black Hat Hacker, adalah orang-orang yang berada di belakang banyak kejahatan dunia maya yang kritis. Mereka bekerja di dark web.

Ada dua kategori di bawah Black Hat Hacking, yakni Classic Black Hat Hacker dan Suicide Hackers. Anda dapat menemukan detail Bad Boys dari dunia cyber di bawah ini.

Suicide Hackers

Peretas Bunuh Diri adalah mereka yang tahu bahwa mereka akan ditangkap oleh tim cyber. Meskipun mengetahui hal ini, ia bertindak dan meretas sistem. Ini seperti pembom bunuh diri. Motivasi utama kelompok ini adalah tawaran uang tinggi atau balas dendam besar dari musuh-musuh mereka.

2. White Hat

Ada tiga kategori di bawah White Hat Hacking. Ini adalah Classic White Hat Hackers, Red Hat Hackers dan State/Nation Sponsored Hackers. Detail tentang Penjaga keamanan cyber di bawah ini.

Classic White Hat Hackers

Classic White Hat Hacker adalah anak baik di dunia komputer. Nama lain dari White Hat Hacker adalah Ethical Hackers. Mereka adalah pahlawan pemerintah dan banyak organisasi yang membutuhkan keamanan siber.

White Hat Hackers adalah pakar sistem komputer yang memiliki pengetahuan yang sangat baik seperti Black Hat Hackers. Perbedaan utama adalah, satu pihak mencoba masuk dan mencuri seperti pencuri. Sisi lain sedang menunggu di depan pintu seperti seorang penjaga.

Selama integrasi dan operasi, sistem dapat memiliki banyak lubang belakang. Peretas Etis mendeteksi ini dengan banyak alat dan uji penetrasi. Setelah itu mereka menyingkap pintu belakang ini yang merupakan pintu masuk para peretas jahat. Mereka juga menggunakan program antivirus dan antimalware terhadap virus, malwares, trojan dll.

White Hat Hacker, adalah penjaga sistem dan jaringan komputer. Mereka adalah pahlawan bagi organisasi.

Red Hat Hacker

Red Hat Hacker adalah White Hat Hacker yang berperilaku seperti mereka dengan sedikit perbedaan. Red Hat Hacker tidak hanya bertahan. Dia juga menyerang balik ke hacker. Di sini, tujuan utama tidak hanya mendeteksi kerentanan dan bertahan terhadap peretas, tetapi juga mengalahkan peretas.

Red Hat Hacker bagus dan sedikit agresif. Mereka ingin menipu kejahatan di rumahnya. Siapa tahu, mungkin pertahanan terbaik terkadang adalah pelanggaran.

State/Nation Sponsored Hackers

Peretas yang disponsori Negara/Bangsa adalah Peretas Topi Putih yang membela sistem nasional sebagai tim keamanan siber. Mereka adalah penjaga di pintu sistem pemerintahan.

Dengan alat canggih mereka menunjukkan keamanan sistem dan jaringan terhadap Black Hat Hacking yang bekerja sama dari organisasi, peretas, atau pemerintah nasional lainnya. Mereka membela negara, jadi mereka adalah peretas bayaran tinggi.

Peretas yang Disponsori Negara/Bangsa adalah peretas yang disponsori oleh pemerintah. Mereka mempertahankan sistem pemerintahan yang kritis dari serangan internal dan eksternal.

Dalam perkembangannya, peretas yang disponsori negara juga melakukan pekerjaan kotor seperti mencuri data-data dan informasi penting pemerintah negara lain, bisnis dan lain sebagainya guna kepentingan spionase.

3. Grey Hat

Ada dua kategori di bawah Grey Hat Hacking. Ini adalah Classic Grey Hat Hacker dan Malicious Insider or Whistleblower.

Classic Grey Hat Hackers

Classic Grey Hat Hacker adalah Hacker yang berada di antara Black Hat Hackers dan White Hat Hackers. Mereka bukan Hitam karena mereka tidak menggunakan pengetahuan mereka untuk keuntungan pribadi. Tetapi mereka juga tidak berkulit putih, karena mencapai data penting tanpa izin adalah tidak sah.

Peretas jenis ini tidak dapat bekerja secara legal dalam suatu organisasi. Tetapi di backplane, mereka bekerja. Gray Hat Hacker adalah grup Hacker paling ramai di Internet.

Gray Hat Hacker adalah pemburu data. Mereka berbahaya terutama bagi organisasi yang memiliki data penting.

Malicious Insider or Whistleblower

Malicious Insider atau Whistleblower adalah grup peretas yang melayani organisasi untuk mendapatkan informasi tentang saingan mereka. Peretas jenis ini juga merupakan Peretas Topi Abu-abu yang dapat menjangkau data penting secara ilegal. Mereka dapat menggunakan banyak alat peretasan untuk mengakses server perusahaan saingan dan mempelajari data penting untuk perusahaannya.

Malicious Insider atau Whistleblower adalah Grey Hat Hacker yang digunakan oleh beberapa organisasi melawan saingan mereka. Mereka berbahaya bagi saingan mereka.

Junior Hackers

Ada tiga kategori di bawah Junior Hacking World. Ini adalah Script Kiddies, Green Hat Hacker dan Blue Hat Hacker. Rincian tentang para pemula di Dunia Peretas ini ada di bawah.

Script Kiddies

Script Kiddies adalah tipe peretas junior. Mereka menggunakan alat, program, dan kode peretasan yang berbeda. Tujuan utama Script Kiddy adalah mendapatkan perhatian terhadap orang lain. Dengan tindakan mereka, mereka dapat melakukan beberapa serangan keamanan siber. Serangan-serangan ini dapat menyebabkan serangan DOS dan DDOS.

Script Kiddies memiliki pengetahuan terbatas dalam Hacking dan mereka juga bukan orang yang sangat ingin tahu tentang ini. Mereka tidak ingin menjadi Master of Computer World, mereka tidak seperti Green Hat Hacker. Ketelitian mereka sedikit menarik seperti yang tersirat dari nama mereka.

Script Kiddies tidak berbahaya seperti Black Hat Hacker. Tetapi dengan progam yang kuat mereka dapat berdampak pada sistem Anda selama mendapatkan perhatian mendahului teman-temannya.

Green Hat Hackers

Green Hat Hacker adalah tipe hacker junior lainnya. Mereka tahu program peretasan, kode dan mereka ingin sekali belajar lebih banyak. Tujuan utama mereka adalah menjadi peretas ahli. Menurut keinginan mereka, mereka bisa menjadi peretas berpengalaman di masa depan. Tapi kita tidak tahu, di mana akan tinggal. Di Bagian Putih atau Di Bagian Gelap.

Green Hat Hacker adalah Hacker junior yang bersemangat. Tujuan utama mereka tidak dapat menilai serangan berbahaya tetapi kadang-kadang attack paling berbahaya dapat disebabkan oleh pengguna yang penasaran.

Blue Hat Hackers

Blue Hat Hackers adalah tipe hacker junior yang marah. Mereka seperti Script Kiddies dan Green Hat Hacker tetapi dengan perbedaan yang ketat. Mereka sedang belajar untuk membalas dendam terhadap salah satu atau organisasi apa pun. Untuk menjadi ahli Hacker bukanlah motivasi utama para peretas jenis ini.

Blue Hat Hacker adalah tipe Hacker junior yang marah. Jadi, berhati-hati terhadap orang-orang ini bisa lebih baik.

Jenis Hacker Lainnya

Hactivist

Hactivists adalah Hacker yang bertindak untuk mendapatkan perhatian untuk masalah agama, sosial dan politik. Mereka menyerang dan mendapatkan akses ke sistem dan menemukan pesan mereka. Tujuan utama peretas jenis ini adalah melihat banyak orang.

Sebagai ringkasan, Hactivists tidak terlalu berbahaya, serangan mereka tidak terlalu ketat tetapi pada akhirnya mereka dapat mempengaruhi sistem Anda dengan gaya yang tidak Anda inginkan.

Social Media Hacker

Peretas Media Sosial adalah orang yang mencuri akun media sosial. Ini dapat dilakukan untuk membalas dendam atau mendapatkan informasi tentang seseorang.

Purple Hat Hacker

Purple Hat Hacker adalah seorang Peretas yang menguji dirinya sendiri di PC mereka sendiri. Mereka dapat membeli PC atau mereka dapat menggunakan PC lama untuk meretas PC mereka yang lain untuk melihat betapa bagusnya mereka dalam keamanan dan peretasan dunia maya. Ini benar-benar praktik keamanan cyber yang sangat baik bagi siapa pun.