Menteri Department Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat, Janet Napolitano memberikan penghargaan kepada ESET’s Securing Our eCity

ESET’s Securing Our eCity, sebuah gerakan bersama yang dicetuskan oleh masyarakat dan korporat yg ditujukan untuk menghalau gelombang aktifitas kejahatan cyber yg meningkat dengan sangat cepat, pada pertengahan July yang lalu, di anugerahi penghargaan oleh Kementerian Departemen Keamanan Dalam Negeri, Janet Napolitano bersama-sama dengan Commerce Secretary Gary Locke dan Koordinator Cybersecurity Gedung Putih, Howard Schmidt sebagai “Best Local/Community Plan” bersama dengan MyMaine Privacy pada event National Cybersecurity Awareness Challenge. Acara penyerahan penghargaan tersebut juga dihadiri oleh Presiden Barack Obama.

Securing Our eCity dipilih dari 80 lebih proposal yg diterima oleh Kementerian Keamanan Dalam Negeri untuk kompetisi tersebut, yang sebelumnya mengundang masyarakat luas untuk mengembangkan sebuah upaya pendekatan yang inovatif untuk meningkatkan kesadaran publik akan pentingnya keamanan dunia maya. Selain itu juga juga untuk menciptakan sebuah strategi untuk melindungi infrastruktur dunia maya Amerika dari serangan.

Sebagai pemenang, Securing Our eCity juga akan memberikan dukungan bagi Kampanye Kesadaran Keamanan Dunia Maya Nasional, yang diluncurkan sejak bulan Maret lalu oleh Menteri Jane Napolitano. Tujuan dari kampanye tersebut adalah untuk mendorong sektor masyarakat, pelaku bisnis dan pemerintah untuk bersama-sama mewaspadai dan melindungi diri dari ancaman dan kejahatan dunia maya dan menciptakan strategi yang lebih baik untuk melakukan edukasi bagi segenap publik di Amerika tentang bagaimana menjaga keamanan mereka sendiri di dunia maya. Kampanye yang akan mulai diluncurkan pada Bulan Oktober depan adalah merupakan bagian dari Bulan Kesadaran Keamanan Dunia Maya Nasional .

“Semua orang punya andil dalam hal keamanan dunia maya, dan semua orang memiliki perannya masing-masing dalam menjaga keamanan jaringan kita,” demikian disampaikan oleh Napolitano. “Pemenang dari Cybersecurity Awareness Challenge akan dikenal karena keunikannya, gagasan inovatifnya untuk mendorong kesadaran masyarakat dalam upaya menekan ancaman terhadap keamanan negara kita.”

Dengan ESET sebagai ujung tombak, gerakan Securing Our eCity dikembangkan sebagai salah satu cara untuk memberikan edukasi dan perlindungan terhadap konsumen dan pelaku bisnis dari ancaman kejahatan di dunia maya yg meningkat dengan sangat cepat. Bersama-sama dengan 200 stakeholders yang mewakili semua sektor di Kota San Diego, melalui gerakan tersebut akan dilakukan serangkaian aktifitas mulai dari workshop yg membahas aspek fundamental keamanan dunia maya, pendidikan masyarakat, yang semuanya ditujukan bagi peningkatan keamanan dunia maya di seluruh wilayah San Diego.

Wali Kota San Diego, Jerry Sanders menyatakan “Penghargaan ini sebagai bukti keseriusan Kota San Diego dalam memberikan keamanan bagi masyarakatnya baik di Jalanan maupun di dunia maya,” “Kami memiliki komitmen penuh untuk membuat San Diego menjadi kota yang paling aman di Amerika, dan akan menjadi model bagi kota lain di seluruh Amerika.”

“Keamanan dunia maya dan perlindungan terhadap keluarga, bisnis, dan pemerintah dari kejahatan digital yang terus menerus mengancam adalah salah satu tantangan terberat yang dihadapi oleh negara kita,” tutur salah seorang anggota kongres Brian Bilbray, R-CA. “Melalui penghargaan inilah Departemen Kemanan Dalam Negeri memilih Securing Our eCity yang dikembangkan oleh ESET karena pendekatan inovatif dan holistiknya untuk menghadapi tantangan bahaya kejahatan dunia maya sekaligus mendukung pertumbuhan ekonomi regional. Saya mengucapkan selamat kepada mereka dan menegaskan kembali bahwa pekerjaan yang mereka lakukan adalah untuk Kota San Diego.”

“Penghargaan ini kami persembahkan bagi Kota San Diego dan dua ratusan lebih stakeholder lain yang terlibat dalam gerakan Securing Our eCity,” demikian disampaikan oleh Chief Operating Officer ESET, Darin Andersen. “Kami senang sekali bisa bekerja sama secara intens terkait dengan Kampanye Nasional Kesadaran Cybersecurity dan berada di garis depan, dimana upaya ini akan turut berperan membentuk program kesadaran dan edukasi yang sangat lengkap terhadap kejahatan dunia maya ”

Tentang Securing Our eCity
Securing Our eCity adalah sebuah gerakan publik yang ditujukan untuk menangkal ancaman dan potensi gelombang aktifitas kejahatan dunia maya yang semakin meningkat dengan sangat cepat. Gerakan ini diprakarsai oleh ESET, LLC bersama dengan sejumlah pelaku bisnis, pengacara perlindungan konsumen, lembaga-lembaga pemerintah, dan penegak hukum di San Diego, koalisi tersebut akan memberikan pendidikan kepada masyarakat dan perlindungan masyarakat dari kejahatan dunia maya melalui proram-program pendidikan, penggunaan teknologi dan solusi keamanan, dan juga berkoordinasi dengan lembaga legislatif dan penegak hukum. Hingga saat ini badan-badan yang tergabung didalam gerakan ini diantaranya ESET LLC, Websense, Anakam, Breach Security, Kamar Dagang dan Industri San Diego dan media cetak San Diego Business Journal.

Untuk info lengkap, silahkan kunjungi http://www.securingourecity.org/.

Sumber: Press Release http://www.eset.com/