PERFORMANCE TEST AV COMPARATIVES MENUTUP TAHUN 2011

 

Ringan dan handal, dua karakteristik utama sebuah piranti lunak, baik itu operating system, maupun aplikasi, termasuk antivirus yang kini semakin dirasakan kebutuhannya. Kombinasi keduanya akan memberikan kinerja optimal terhadap komputer, sehingga pengguna komputer tetap bisa mengaktifkan aplikasi lain untuk pekerjaan sementara antivirus bekerja. Karakteristik itu pula yang selama ini melekat pada produk ESET Antivirus, dengan Advance Heuristic engine yang merupakan jantung dalam proses deteksi ESET, mampu mengenali malware yang belum dikenal. Para pengguna komputer baik corporate maupun home user, telah mengalaminya sendiri. Kini, AV Comparative kembali menegaskan karakteristik tersebut.

Pada pengujian terbaru yang dilaksanakan awal Desember 2011 yang lalu, AV Comparatives menggunakan piranti komputer berbasis Intel Core i5 2.67 GHz dengan RAM ukuran 4 GB dan hard disk SATA II, sedangkan Sistem Operasi yang digunakan adalah Windows 7 Professional SP1 64 Bit system. Perangkat pengujian tersebut kemudian diinstall software Anti Virus dengan setting default. Selama proses pengujian dilakukan, internet juga terkoneksi dengan komputer, tujuannya adalah memberikan efek simulasi dunia nyata terhadap layanan cloud dan fitur-fitur pada software antivirus yang diuji. Sementara proses deteksi berlangsung, komputer tetap digunakan untuk melakukan fungsi-fungsi kerja yang umum seperti:

  • Mengcopy file dengan beragam extention.
  • Menyimpan dan membuka file
  • Encoding dan Transcoding
  • Membuka aplikasi
  • Download file
  • PC Mark 7 Professional Testing Suite untuk mengetahui dampak operasional komputer terhadap sistem.

Dari rangkaian uji dengan metode dan standard yang ketat tersebut ESET berhasil lolos dengan capaian poin tertinggi dan menduduki posisi puncak sehingga layak berada dalam kelompok Advance+. Keberhasilan ini menandakan ESET sebagai yang terdepan dalam mengatasi ancaman dunia maya. Menjadikannya sebagai jaminan atas keamanan komputer dan aktifitas internet bagi para pengguna.

 Performance score oleh AV Comparatives, Desember 2012

 

AV Comparatives juga menyampaikan beberapa catatan penting agar tetap aman namun performance komputer tetap terjaga:

  1. Bila memungkinkan, dapat menambahkan RAM untuk mempercepat proses
  2. Update sistem operasi dengan patch keamanan yang disediakan dan patch lainnya
  3. Update applikasi yang ada, karena setiap applikasi bisa mempunyai celah keamanan dan kesalahan program
  4. Gunakan sistem antivirus versi yang terbaru dan selalu terupdate agar selalu kompatibel dengan applikasi dan sistem operasi yang ada
  5. Hapus program yang tidak diperlukan

Yudhi Kukuh, Technical Consultant PT. Prosperita-ESET Indonesia manyampaikan ”ESET mengembangkan produknya sedemikian rupa sehingga menjadikannya sangat solid dan ringan. Penggunaan memory komputer yang kecil dilengkapi advanced heuristic engine sebagai jantung utama dengan kemampuan deteksi proaktif. Kombinasi sempurna tersebut membuat ESET tidak menemui kendala dalam melakukan proses deteksi meskipun pada saat yang sama komputer digunakan juga untuk bekerja. Semuanya berjalan dengan sangat baik, pengguna juga tetap merasa nyaman bekerja serta aman karena terlindungi secara maksimal”.