Silver Sparrow Serang 30.000 Perangkat Mac

Malware macOS baru yang dikenal sebagai Silver Sparrow diam-diam telah menginfeksi hampir 30.000 perangkat Mac dengan malware yang tujuannya masih menjadi misteri.

Para peneliti menemukan malware Mac baru tersebut menunjukkan properti tidak biasa, termasuk komponen yang secara eksplisit dikompilasi untuk chip Apple M1 baru.

Menurut informasi, malware ini telah menginfeksi 29.139 perangkat Mac di 153 negara, dengan volume yang tinggi di Amerika Serikat, Inggris Raya, Kanada, Prancis, dan Jerman.

Bukan adware khas

Meskipun Apple selalu membanggakan dirinya atas keamanan macOS, kenyataannya adalah bahwa sistem operasi semakin menjadi sasaran malware, ransomware, dan adware.

Sementara, malware baru yang menargetkan perangkat Mac tidak seperti kebanyakan infeksi yang dikembangkan untuk sistem operasi.

Dinamakan Silver Sparrow, malware terlihat didistribusikan sebagai dua file berbeda bernama ‘updater.pkg’ [VirusTotal] atau ‘update.pkg’ [VirusTotal]. Untuk update.pkg menyertakan biner Intel x86_64 dan Apple M1, sedangkan updater.pkg hanya menyertakan Intel yang dapat dieksekusi.

Tidak seperti kebanyakan adware macOS yang menggunakan skrip preinstall dan postinstall untuk menjalankan perintah atau menginstal malware lebih lanjut, Silver Sparrow menggunakan JavaScript untuk menjalankan perintahnya.

Penggunaan JavaScript menghasilkan telemetri berbeda yang membuatnya lebih sulit untuk mendeteksi aktivitas berbahaya berdasarkan argumen baris perintah.

Menggunakan JavaScript, SilverSparrow akan membuat skrip shell yang dijalankan oleh malware untuk berkomunikasi dengan server command and control membuat file XML LaunchAgent Plist untuk mengeksekusi skrip shell secara berkala.

LaunchAgent akan terhubung ke perintah aktor ancaman dan server kontrol setiap jam untuk memeriksa perintah baru yang akan dijalankan oleh malware.

Saat berjalan, malware akan memeriksa keberadaan file ~/Library/_ insu, dan jika ditemukan, akan menghapus dirinya sendiri dan semua file terkait. Para peneliti belum bisa menentukan apa yang memicu tombol pemutus ini.

Misteri tujuan malware

Setelah mengamati malware selama seminggu, para peneliti tidak dapat melihat muatan lebih lanjut yang diunduh dan dipicu oleh pemeriksaan setiap jam ini. Jadi tujuan sebenarnya dari malware tersebut tetap menjadi misteri.

Selain itu, tujuan akhir dari malware ini adalah sebuah misteri. Masih belum diketahui cara untuk mengetahui dengan pasti muatan apa yang akan didistribusikan oleh malware, apakah muatan telah dikirim dan dihapus, atau jika musuh memiliki garis waktu tertentu untuk distribusi.

Biner Intel dan Mach-O yang disertakan dengan Silver Sparrow tampaknya menjadi placeholder untuk malware dalam pengembangan karena menjalankannya hanya menampilkan layar yang menyatakan ‘Hello World’ atau ‘You did it!’.

Sayangnya, distribusi Silver Sparrow juga masih menjadi misteri hingga saat ini. Selain fakta bahwa ia diinstal melalui file .pkg penginstal, tidak diketahui bagaimana pengguna awalnya menemukan penginstal itu.