Solid Teknologi pengontrol Privasi Data Pengguna

Inggris sedang memulai empat percontohan teknologi privasi data “Solid” dari penemu World Wide Web, Tim Berners-Lee, teknologi yang akan memberi pengguna lebih banyak kendali atas data mereka.

Solid, sebuah teknologi yang bertujuan untuk mendesain ulang cara data pengguna di Web diakses dan memberi pengguna lebih banyak kendali atas privasi mereka. Empat organisasi mengumumkan proyek percontohan ini dengan penyedia infrastruktur startup Inrupt.

Empat organisasi yang dimaksud di sini adalah British Broadcasting Corporation (BBC) Inggris, Layanan Kesehatan Nasional, dan lembaga keuangan yang berbasis di Inggris NatWest, serta pemerintah regional Flanders, Belgia,

Keempat organisasi tersebut kesemuanya mengumumkan proyek percontohan di bawah Inrupt, yakni sebuah startup yang diprakarsai oleh Berners-Lee dan John Bruce, seorang veteran industri keamanan siber dan CEO perusahaan, yang didirikan pada tahun 2018.

Didesain oleh Tim Berners-Lee penemu World Wide Web dan Massachusetts Institute of Technology, Solid adalah standar terbuka yang memberi pengguna kemampuan untuk berbagi data dengan situs web dan perusahaan sambil tetap mengontrol siapa yang dapat mengakses informasi berdasarkan enkripsi dan kontrol akses granular,

Solid memungkinkan pengguna untuk memberikan atau mencabut akses kapan saja ke informasi yang disimpan dalam struktur datanya, yang dikenal sebagai penyimpanan atau pod data online pribadi.

Proyek Solid merupakan sistem dimana aplikasi yang membutuhkan akses ke alamat pengguna akan dapat mengakses pod mereka dengan izin sebelumnya kapan saja. Untuk pengguna, pod merepresentasikan sumber data resmi mereka: Jika alamat pengguna berubah, misalnya, orang tersebut hanya perlu mengubah data di satu tempat.

Untuk perusahaan, Solid berfungsi untuk mengurangi risiko mereka melanggar peraturan privasi karena pelanggaran yang mencuri data sensitif pengguna dengan meminimalkan data yang ada dalam pengawasan mereka dan dengan demikian, mengurangi beban dan tanggung jawab mereka.

Perusahaan mendapatkan data terbaru, dengan tanpa kekhawatiran tentang kebocoran data, tetapi hanya selama pengguna mengizinkan mereka mengakses.

Ide dasarnya adalah bahwa data Anda ada di pod Anda, di bawah kendali Anda, jika Anda ingin melakukan sesuatu, misalnya, yang mereplikasikan data smart refrigrator dengan data dari Fitbit Anda, kedua kumpulan data tersebut berada di bawah kendali Anda, bukan di bawah kendali produsen lemari es dan Fitbit.

Meskipun menyerahkan data mungkin sulit apalagi sampai dijual ke perusahaan data-centric seperti yang dilakukan oleh Facebook dan lainnya, yang memperlakukan orang seperti produk dan bukan pelanggan, pesaing Facebook besar kemungkinan merangkul teknologi ini untuk menarik pengguna.

Ekosistem Web saat ini mengizinkan tindakan jahat yang disengaja, menciptakan keadaan buruk yang mengorbankan keamanan dan kenyamanan pengguna, dan menimbulkan konsekuensi yang tidak diinginkan.

Untuk memperbaiki sebagian masalah, dengan kolaborasi bersama  MIT untuk membuat sistem data terdistribusi yang menyertakan kebijakan akses yang dikontrol pengguna. Proyek Solid dimulai pada tahun 2015, dengan sumbangan $1 juta dari Mastercard untuk mendanai upaya penelitian di MIT.

Spesifikasi Solid terbuka, dan versi proyek dihosting di GitHub. Solid menggunakan “vocabularies” definisi data yang dapat distandarisasi sehingga aplikasi tahu bagaimana mengakses tipe data tertentu yang relevan dengan aplikasi.

Situs web pengembang menjelaskan sejumlah kosakata untuk membicarakan jenis data tertentu, dari interaksi sosial hingga lisensi, dan dari rapat online hingga acara.

Salah satu ide inti di balik solid adalah membuat data independen dari aplikasi, sehingga seseorang dapat mengontrol datanya sendiri dan membagikannya dengan aplikasi pilihannya. Agar ini mungkin, bagian data yang sama harus dipahami secara konsisten dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

Layanan Kesehatan Nasional Inggris akan menggunakan Solid sebagai rekam medis yang dapat diakses pengguna yang juga menjadi lokasi pusat dimana dokter, perawat di rumah, dan pengasuh untuk menyimpan detail tentang perawatan medis.

Sementara BBC dengan Solid ingin membuat mesin rekomendasi konten yang memungkinkan pihak ketiga untuk mengakses data pengguna, dengan izin pengguna.

NatWest akan membuat aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan data penting, seperti alamat atau perusahaan saat ini, yang akan memungkinkan pelanggan untuk membuat satu sumber informasi otoritatif tentang diri mereka sendiri yang mereka kontrol.

Pemerintah Flanders, bagian utara Belgia, bertujuan untuk menjadi besar dengan penerapannya. Pemerintah akan memberi setiap warga negara sebuah pod atau Profil Warga menggunakan Solid untuk digunakan sebagai rumah bagi data pribadi mereka. Profil tersebut akan menjadi sumber otoritatif dari informasi terkini tentang pengguna.

Inrupt sedang membuat versi perusahaan dari server dan infrastruktur yang dibutuhkan perusahaan untuk membuat aplikasi Solid mereka sendiri.