TIPS AMAN UNTUK BERKOMUNIKASI DENGAN INSTANT MESSAGING

Sebagai respon terhadap betapa agresifnya worm yang masuk melalui Instant Messaging, ESET memberikan beberapa tip untuk keamanan anda.
Berikut ini beberapa prosedur keamanan yang disusun oleh ESET Threat Center, sementara anda berkomunikasi dengan Instant Messaging :

1. Dalam kondisi apapun, hindari membuka file gambar, men-download file ataupun membuka link jika itu dikirim oleh orang yang tidak anda kenal. Jangan membuka file-file atau link yang mencurigakan bahkan meskipun file tersebut dikirim oleh orang sudah anda kenal, cobalah untuk meminta konfirmasi dari pengirim, dan tanyakan darimana attachment tersebut berasal atau diperoleh.

2. Jangan membalas pesan dari orang yang tidak anda kenal, terlebih jika anda sendiri tidak berkepentingan terhadap pesan tersebut. Jika ada pihak yang tidak anda kenal mengirim pesan berisi permintaan sesuatu kepada anda misalnya permintaan untuk meng-add namanya ke dalam akun anda, abaikan saja permintaan itu jika anda tidak kenal atau tidak yakin dengan identitas orang tersebut. Perlu diingat juga bahwa di dunia maya seseorang bisa menjadi apa saja dan siapa saja.

3. Pesan-pesan yang tidak penting lebih baik di blok saja – dengan blocking spam atau pesan-pesan dari orang asing bisa lebih mudah dari yang anda bayangkan – sebagian besar program Instant Messaging memungkinkan anda untuk membuat sendiri contact list anda.

4. Jangan mem-posting informasi yang sensitif dan pribadi di instant messaging, khususnya nomor kartu kredit, data rekening bank, password, nomor telepon atau alamat. Hindari juga berbagi informasi tentang dentitas IM atau e-mail melalui internet.

5. Buatlah password yang benar-benar kuat dan sulit ditembus untuk akun Instant Messaging anda, demikian pula password untuk akun-akun anda yang lain (online banking, e-mail) . Jangan menggunakan kembali password anda yang lama. Jika anda melakukan log-in di tempat umum (misal di warnet), pastikan untuk memeriksa kembali fitur-fitur login otomatis tersebut.

6. Hindari bertemu dengan orang asing yang pernah anda jumpai secara online (melalui instant messaging) Hal ini sudah sering kita dengar dan berbuntut pada penyekapan, penculikan, pemerasan, penipuan, dll. Jika memang harus bertemu, jangan lupa untuk membawa serta orang lain yang sudah anda kenal untuk lebih menjamin keamanan (teman, saudara)

7. Matikan Web camera jika anda sudah selesai menggunakan, karena sebagaimana malware, orang asing -yang mungkin berniat jahat- akan bisa memata-matai anda lewat webcam. Jika anda menggunakan integrated camera, periksa dan pastikan lampu kontrol sudah mati.