TIPS MEMBACA BERITA DI MEDIA SOSIAL/BERITA ONLINE

TIPS MEMBACA BERITA DI MEDIA SOSIAL/BERITA ONLINE

 

SIMAK
Penulis di media online berlomba-lomba untuk membuat judul atau headline tulisannya semenarik mungkin, jika perlu seprovokatif mungkin agar mendapat perhatian pembaca; kadang juga ditambahkan gambar untuk menggoda pembaca. Komentar dari pembaca lain juga tidak kalah serunya karena mereka juga menuntut perhatian dan tanggapan dari pembaca lain. Hati-hati! Jangan tergoda untuk ikut menanggapi sebelum membaca semua isi tulisan dan memikirkannya karena banyak tulisan dipakai untuk menggiring opini atau ditunggangi malware yang bisa mengakibatkan kerusakan data.

CURIGA
Baca isi tulisan dengan detil dan sampai habis. Jangan berhenti hanya di headline dan melakukan share. Bahaya! Karena sering terjadi isi melenceng dari headline. Cek penulisnya, cek sumber beritanya. Jika kesimpulan dari tulisan yang Anda baca berakhir dengan hasutan berbau SARA, sebaiknya berhenti. Waktu Anda terbuang untuk sesuatu yang tidak penting. Jangan pernah share tulisan menghasut berbau SARA, karena Anda akan terlihat sangat tidak cerdas dan terpancing kemauan penulis.

BANDINGKAN
Selalu bandingkan tiap berita di media online yang Anda baca dengan media online lainnya. Sejalan dengan isu-isu hangat (biasanya berbau politik) akan muncul portal dadakan. selalu bandingkan dengan situs berita resmi yang dapat dipercaya. Cek juga apakah tulisan aman dari virus? Jika semua isi tulisan layak dan aman untuk dishare, lakukan SHARE!

Selalu menyimak, selalu curiga dan selalu membandingkan saat membaca akan melatih otak terbiasa cerdas dan membangun mental kritis untuk hal-hal baik yang perlu dishare dengan keluarga dan teman. Selamat memBACA, berPIKIR dan SHARE!