VERSI BARU ESET MOBILE SECURITY FOR SYMBIAN DAN WINDOWS MOBILE SERTA ESET MOBILE SECURITY FOR ANDROID VERSI BETA MELENGKAPI KEAMANAN BERKOMUNIKASI

Smartphone belakangan menjadi perangkat pendamping disamping komputer atau laptop bagi masyarakat modern. Meskipun fungsi dasarnya berbeda tetapi memiliki kesamaan yaitu mampu melakukan akses internet dan fasilitas pendukung multimedia.

Sejauh ini terdapat beberapa operating system besar yang diperuntukkan bagi perangkat komunikasi smartphone yaitu Symbian, Windows Mobile, iOS, dan Android. Hingga saat ini smartphone ber-OS Android secara meyakinkan merayap naik meninggalkan pesaingnya sesama OS smartphone.

Mengutip keterangan sebuah lembaga riset independen Gartner, hingga tahun 2010, penjualan smartphones dunia mencatat angka 297 juta unit, mengalami peningkatan lebih dari 72 persen dari jumlah penjualan tahun 2009. Sementara itu Android sendiri sebagai operating system yang digunakan pada perangkat smartphone mencatat sekitar 22.7 persen dari total angka smartphone tersebut yang menggunakan OS Android.

Smartphone sebagai bagian dari perangkat yang terkoneksi ke Internet, juga potensial memunculkan masalah, yaitu sebagaimana masalah yang terjadi pada komputer. Cyberthreat. Ancaman dunia maya juga menginfiltrasi smartphone. Dengan modus yang mirip dengan infiltrasi ke komputer..

Untuk menjawab kebutuhan tersebut ESET secara berturut-turut meluncurkan versi baru produk keamanan yang dikembangkan untuk smartphone, yaitu ESET Mobile Security Business Edition for Windows Mobile dan ESET Mobile Security Business Edition for Symbian. Untuk pengguna ponsel berbasis Android, ESET mengeluarkan ESET Mobile Security for Android namun masih dalam tahapan BETA.

Pada peluncuran BETA Version ESET Mobile Security for Android, Miroslav Majtaz, Mobile Security Specialist di ESET menyatakan “Dengan semakin populernya perangkat smartphone yang menggunakan Android, para user acapkali mengandalkan perangkat tersebut untuk menyimpan banyak data yang sensitif, terlebih di tengah perkembangan teknologi komunikasi nirkabel, ESET Mobile Security adalah jawaban terhadap semakin tingginya kepedulian kita terhadap keamanan di sektor komunikasi mobile”

Fitur-fitur yang terdapat didalam ESET Mobile Security untuk Android
* Deteksi file berbasis perilaku, dan memberikan peringatan tentang adanya aktifitas yang mencurigakan didalam perangkat komunikasi, karena semua aplikasi yang terdapat di dalam perangkat komunikasi tersebut akan di scan secara terus menerus untuk mencegah masuknya threats.

* SMS/MMS Antispam ̶ memungkinkan user untuk membuat daftar telepon yang bisa dipercaya dan tidak dengan membuat sendiri daftar yang customize.

* Call Intercept ̶ Fitur yang mampu memblok baik panggilan maupun dial telepon yang tidak diinginkan. Fitur ini sangat bermanfaat terutama bagi orang tua untuk mengawasi sambungan telepon yang di lakukan oleh anak-anak, sekaligus untuk membatasi tagihan telepon.

* Security Audit dengan build in Task Manager, untuk memonitor penggunaan resources smartphone.

Kelebihan lain dari ESET Mobile Security
* GPS Localization ̶ melokalisir perangkat komunikasi yang hilang atau dicuri dengan menggunakan remote command.

* Remote Lock ̶ memblok telepon secara remote untuk mencegah pihak-pihak yang tidak berkepentingan yang mencoba mengakses data yang tersimpan di memory telepon.

* Remote Wipe – menghapus data secara remote, sebagai langkah akhir pengamanan informasi data pribadi jika terjadi pencurian.

* Uninstall Protection ̶ mangamankan smartphone dari uninstall ESET Mobile Security yang tidak disengaja.

* Remote Management menggunakan ESET Remote Administrator – untuk memanage seluruh mobile device menggunakan single management tools dari ESET yang juga dapat memanage produk ESET lainnya.

Dikatakan oleh Yudhi Kukuh, Technical Consultant PT. Prosperita-ESET Indonesia “Saat ini Sistem Operasi yang ada mulai rentan terhadap ancaman. Sehingga yang bisa dilakukan adalah mempersiapkan sebaik mungkin, menyediakan perangkat keamanan baik untuk komputer maupun perangkat komunikasi smartphone kita sebelum semuanya terlambat”

Dengan peluncuran Beta Version ESET Mobile Security untuk Android, melengkapi solusi keamanan untuk perangkat komunikasi, setelah sebelumnya juga meluncurkan solusi keamanan untuk Symbian, dan Windows Mobile.